METRUM
Jelajah Komunitas

5 Tokoh Sejarah yang Makamnya Belum Ditemukan

TOKOH-tokoh besar biasanya mendapat penghormatan ketika mereka sudah meninggal. Bahkan, makam mereka pun diabadikan untuk menghargai jasa-jasa besarnya.

Namun ternyata tidak semua tokoh besar tersebut memiliki kisah yang sama. Banyak dari tokoh-tokoh besar ini kisah kematian dan makamnya dirahasiakan. Berikut 5 tokoh sejarah yang makamnya belum ditemukan hingga sekarang.

1. Nefertiti

Nefertiti (Sumber foto: google.com).*

Nefertiti adalah istri Akhenaten, firaun dinasti ke-18 mesir. Dia dikenal memiliki kehidupan yang misterius. Putri Nefertiti, Ankhesanum, adalah istrinya Tutankhanum. Sebuah bilik di makam Tutankhamun ditemukan pada tahun 2020 dan diduga adalah makamnya Nefertiti. Namun, sampai sekarang perdebatan mengenai identitas Nefertiti tak terjawab, letak makamnya masih misteri.

2. Genghis Khan

Genghis Khan (Sumber foto: google.com).*

Menjadi penguasa Mongolia selama 21 tahun pada abad ke -13, Khan memperluas Mongolia dari Samudra pasifik hingga ke laut kaspia. Tapi, semua ini berakhir ketika Khan wafat di usianya yang ke-65 tahun pada 1227. Menariknya, Khan ingin makamnya dirahasiakan, tidak ada nisan ataupun saksi. Tidak ada yang mengetahui letak makamnya hinggga kini, bahkan rakyat Mongolia sendiri.

3. Aleksander Agung

Aleksander Agung (Sumber foto: google.com).*

Aleksander Agung wafat di usia 32 tahun pada 323 sebelum masehi. Diangkat juga sebagai firaun mesir, dia dimakam kan di Memphis, Mesir. Namun makam Aleksander sempat dipindahkan ke Aleksandria oleh Ptolemaios II dan pernah dikunjungi oleh Julio Cesar. Namun, sejak abad ke-4 masehi, kuburannya dinyatakan hilang. 140 penggalian dilakukan namun hasilnya nihil.

4. Leonardo Da Vinci

Leonardo Da Vinci (Sumber foto: google.com).*

Setelah menghabiskan masa jayanya di Italia, pelukis ”Monalisa“ ini kemudian pindah ke prancis dan menghembuskan napas terakhirnnya pada1519 di usia-67. Jasadnya dikebumikan di gereja St. Florentin, Chateau d’Amboise, Lembah Loire. Namun gereja beserta makam-makamnya lenyap saat revolusi prancis. Hingga kini, makamnya masih tidak dapat ditemukan.

5. Wolfgang Amadeus Mozart

Wolfgang Amadeus Mozart (Sumber foto: google.com).*

Di anggap sebagai salah satu komposer terhebat sepanjang massa, Mozart, wafat pada 1791 di usia 35 tahun. Berbagai kontroversi, menyertai kuburan Mozart. ”Tengkorak Mozart” kemudian disimpan di Mozarteum University Salzburg. Tapi penelitian pada 2006 menunjukkan bahwa hasilnya rancu dan tidak meyakinkan 100 persen bahwa itu adalah Mozart. Letak kuburanya masih misteri. (Acep Ilham Gunawan/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: