METRUM
Jelajah Komunitas

Aksi Gotong Royong Warga Purwakarta Dalam Moderasi Beragama Membangun Bangsa

PURWAKARTA (METRUM) – Kegiatan apel dan korve Moderasi Beragama dengan tema “Berjalan Bersama Dalam Sukacita Membangun Bangsa dengan Merawat Kebhinekaan” dilaksanakan pada Selasa, 19 Desember 2023 di Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Acara ini dihadiri berbagai tokoh agama, pemerintahan dan masyarakat setempat, seperti tokoh hindu I Made Kandi; tokoh Kristen Protestan, Pendeta Steven M. Div dan Pendeta Sifron Nememia, S.Th; tokoh Islam Ketua MUI Kelurahan Nagri Kaler; tokoh Katolik, Paulus Basuki selaku Koordinator Bidang Pewartaan; tokoh Buddha, Pandita Nata Prasaja selaku Ketua Majelis Buddhayana Indonesia; kepala Kelurahan Nagri Kaler. Dede iskandar, SE. MM; serta dari masyarakat termasuk RT, RW dan Karang Taruna Kelurahan Nagri Kaler.  

Kegiatan gotong royong kerja bakti di Kelurahan Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta (Foto: MH).*

Kegiatan dipimpin langsung Serma Damanik dari Babinsa bersama Pelda Urip Marsigit, Sertu Dat Hadiyanto, Manarul Huda, S.T, M.Sos. dari Yayasan Abdikari Berkah Semesta, Pengerak Ngopi Keliling Lintas Iman, serta pelajar dan mahasiswa dari berbagai institusi pendidikan di Purwakarta.

Menurut Ketua Panitia Gladi Moderasi Beragama Perguruan Tinggi Umum Purwakarta, Yohanes Baptis, kegiatan ini merupakan aksi Gladi Moderasi Beragama bersama Keluarga Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum Purwakarta.

Yohanes mengatakan, sekitar 100 orang membersihkan lingkungan dimulai dari pukul 07.00 WIB di depan Kelurahan Nagri Kaler Purwakarta. “Pukul 07.20, kami berangkat ke selokan belakang SMPN 7 Purwakarta. Perjalanan memakan waktu 5 menit. Kami disambut oleh masyarakat dan tokoh agama di kelurahan Nagri Kaler, ketua RT, ketua RW dan Babinsa Nagri Kaler,” katanya.

Yohanes menambahkan, kegiatan dilanjutkan mendengarkan pemaparan pembagian tugas kerja bakti bersama sekaligus dalam rangka memperingati hari Bela Negara.

Lebih jauh, Yohanes menuturkan bahwa setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta Pancasila dan NKRI, adalah wujud konkrit Bela Negara.

“Melalui gotong royong kerja bakti membersihkan selokan dan sampah di sekitar lingkungan yang menyebabkan banjir. Bersama tokoh agama, masyarakat, RT, RW, Karang taruna kelurahan Nagri Kaler, Linmas, pelajar dan mahasiswa Perguruan Tinggi Umum Purwakarta, TNI Babinsa bergerak bersama mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Ini tugas kita bersama, menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (MH)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.