METRUM
Jelajah Komunitas

Balance Bike Race With Loversary 2024: Kurangi Anak Bermain Gadget dan Latih Keseimbangan Motorik

RATUSAN anak beradu cepat menggunakan sepeda tanpa pedal. Sorak meriah para orangtua meramaikan event bertajuk ‘Race With Loversary 2024’ yang berlangsung di Fakultas Teknologi Manufaktur Universitas Jenderal Ahmad Yani, Kota Bandung akhir pekan lalu.

Founder Indonesian Balance Bike Community (IBBC), Rika Wolandari mengatakan, lomba kali ini diikuti sekitar 200 orang anak mulai usia 2 – 8 tahun dari seluruh Indonesia mulai dari Surabaya, Jakarta, Balikpapan, Palembang dan daerah lainnya.

Terdapat 14 kategori yang dilombakan. Mulai dari kategori kelahiran 2021-2015 dan kelas FFA yang diikuti oleh anak laki-laki dan perempuan kelahiran tahun 2014.

“Kita laksanakan kegiatan ini tiga kali dalam setahun. Alhamdulillah antusiasmenya cukup tinggi,” kata Rika.

Balance Bike, kata dia, sedang diminati oleh orang tua karena memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak usia dini.

Ia menerangkan, balance bike efektif mengembangkan kemampuan interaksi anak agar terhindar dari pengaruh gadget dan juga melatih keseimbangan motorik.

“Oleh karena itu, komunitas ini ada untuk dapat menjadi wadah bagi orang tua dan anak-anak untuk berbagi ilmu. Selain itu, komunitas ini merupakan wadah bagi orang tua anak yang bisa berbagi ilmu tentang berbagai hal, seperti pengasuhan atau pendidikan anak,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu panitia penyelenggara, Feby mengatakan Race With Loversary 2024 merupakan rangkaian ulang tahun komunitas IBBC. Tujuannya sebagai fasilitas anak anak untuk mengembangkan kegiatan motorik halus dan kasar serta sarana bermain dan berkompetisi anak.

“Selain menghindari anak bermain gadget, dialihkan untuk aktivitas ruang ruangan. Anak anak juga terpacu untuk berkompetisi kan lumayan kalau menang dapat hadiah juga,” kata Feby.

Sebagai informasi, balance bike memainkan peran penting dalam perkembangan motorik anak-anak. Dengan menggunakan balance bike, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan keseimbangan, koordinasi tubuh, dan kepercayaan diri mereka.

Selain itu, balance bike juga menyediakan kesempatan bagi anak-anak untuk menikmati kegiatan aktif di luar ruangan dan membantu dalam membangun hubungan keluarga yang kuat. (M1-rob)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.