METRUM
Jelajah Komunitas

Gelar Pasukan, Tandai Dimulainya Angkutan Lebaran Kereta Api

KOTA BANDUNG (METRUM) – Daop 2 Bandung melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023. Apel Gelar Pasukan ini menandai hari pertama dilaksanakannya masa posko Angkutan Lebaran dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan KA.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut, diikuti berbagai elemen yang akan terlibat dalam Posko Angkutan Lebaran 2023, diantaranya pegawai Daop 2 Bandung dan tenaga pengaman perbantuan dari TNI/Polri. Awan Hermawan selaku Direktur Operasi PT KAI bertindak sebagai pembina apel pada kegiatan tersebut, Jumat (14/4/2023)

Dengan dimulainya Angkutan Lebaran, Daop 2 Bandung telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan Daop 2 Bandung mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. Daop 2 Bandung konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran.

Daop 2 Bandung juga menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat melakukan pemeriksaan urine kepada 150 Awak Sarana Perkeretaapian yang terdiri dari masinis, kondektur, teknisi KA serta tenaga keamanan antara lain Polsuska dan Security. Pemeriksaan ini selain dilakukan guna menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan bebas dari narkoba, juga bentuk kesiapan Daop 2 Bandung menciptakan perjalanan KA yang aman, dan nyaman pada masa Angkutan Lebaran 2023.

Sementara itu, Daop 2 Bandung pada masa Angkutan Lebaran (14 April – 2 Mei) mengoperasikan 497 perjalanan KA jarak jauh dengan rincian 440 perjalanan KA reguler serta 57 perjalanan KA tambahan serta 1.176 perjalanan KA Lokal yang tetap dioperasikan selama masa Angkutan Lebaran.

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, Daop 2 Bandung menambah petugas prasarana meliputi Petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL) 36 orang, Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) 46 orang, dan Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus) 40 orang.

Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib. Daop 2 Bandung menyiapkan tenaga kamtib yang terdiri dari 147 Polsuska, 254 security, serta 67 TNI/Polri (eksternal). Termasuk 2 unit polisi satwa (K-9) yang ditempatkan di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong.

Daop 2 Bandung mencatat dihari pertama angkutan Lebaran 10.750 pelanggan akan berangkat menggunakan KA Jarak Jauh pada hari ini. Pada masa Angkutan Lebaran kali ini, Daop 2 Bandung sendiri telah menyiapkan 260.382 tiket yang terdiri dari 225.384 tiket KA reguler dan 34.998 tiket KA tambahan, di mana 170.335 tiket telah terjual sampai hari ini. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.