METRUM
Jelajah Komunitas

Itzulia Basque Country 2023: Pesan Jonas Pada Pesaingnya di Tour de France

EIBAR, SPANYOL (METRUM) – Juara bertahan Tour de France (TdF), Jonas Vingegaard (Jumbo Visma/Denmark)  mengirim pesan pada semua pesainya di TdF 2023 setelah tampil perkasa memenangi tiga etape untuk menjadi juara Itzulia Basque Country ke-62/2023 Spanyol yang berakhir di Eibar – Spanyol, Sabtu (8/4/2023).

Jonas pemegang kaus kuning (pimpinan umum) kembali melakukan serangan solo break yang memberinya kemenangan etape untuk ketiga kalinya, memastikan gelar juara Itzulia Basque Country 2023 menjadi miliknya. Dia meninggalkan semua pesaing utamanya pada 25 km terakhir etape VI di tanjakan kategori 1 Itzulia, Sabtu (8/4/2023) dan terus melaju sendirian dengan gaya individual time trial (ITT) hingga finis etape VI menyelesaikan jarak 137 km (Eibar –Eibar) dengan waktu 3 jam 36 menit 42 detik, kedua James Knox (Soudal Quick Step/Inggris) + 47 detik dan ketiga Ion Izagirre (Cofidis/Spanyol) +49 detik.

Di klasemen akhir, Jonas Vingegaard (Jumbo Visma/Denmark) menjadi juara Itzuila Basque Country 2023 dengan total waktu tercepat 24 jam 45 menit 24 detik untuk jarak total 1.000 km terbagi 6 etape, posisi kedua Mikel Landa (Bahrain Victorious/Spanyol) + 1 menit 12 detik dan ketiga Ion Izagirre (Cofidis/Spanyol) + 1 menit 29 detik.

Jonas mengikuti lomba Itzulia Basque Country dengan determinasi tinggi bisa memenangi balap sepeda Itzulia ini yang oleh banyak pembalap dan pengamat di katakan sebagai lomba tour seminggu yang amat sulit untuk bisa dimenangi.

“Ini memang balapan yang berat dan sulit tapi kami punya anggota tim yang tangguh di Jumbo Visma. Kompak dan bekerja keras untuk mencapai misi kami menjuarai Itzulia Basque Country. Di tanjakan terakhir etape VI saya putuskan melakukan serangan solo break karena yakin akan kemampuan saya, jadi harus di coba,” tutur Jonas.

Bulan lalu di lomba Paris – Nice, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates/Slovania) menjadi juara mengalahkan Jonas finis ketika klasemen. Setelah kekalahan itu banyak pengamat memepertanyakan kesiapan Jonas menghadapi TdF 2023. Namun Jonas terus mengasah kemampuan dan dibuktikan bisa berjaya di Itzulia.

Atlet Denmark yang menjadi juara TdF 2023 ini tampil meyakinkan memenangi tiga etapa untuk menjadi juara di Itzulia, menunjukan peningkatan kondisi dan determinasinya untuk memenangi balapan. Ini menjadi bagian penting program latihan Jonas untuk mempertahankan kaus kuning pada TdF 2023 Juli mendatang.

“Akan sangat menarik memulai TdF 2023 di wilayah Basque Country. Saya menikmati berlomba di sini dan saya ucapkan terimakasih atas dukungan tim Jumbo Visma yang solid,” tambahnya.

Usai menjuarai Itzulia Basque Country, Jonas Vingegaard tidak akan tampil di berbagai balapan lainnya hingga lomba pemanasan TdF, Criterium du Dauphine (Prancis) Juni mendatang.

Namun Jonas menyatakan amat puas dengan performanya di Itzulia. “Saya mampu melepaskan diri break away, saya amat senang dengan kemajuan yang saya capai saat ini. Target utama adalah Tour de France, dan sebelum itu mengikuti Criterium Dauphine untuk pemanasan. Sementara itu saya akan terus berlatih serius,” tuturnya pada Velo News. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.