METRUM
Jelajah Komunitas

Marques “Comeback” di MotoGP Aragon 2022

MADRID, SPANYOL (METRUM) – Seratus sepuluh hari setelah mengikuti lomba MotoGP paling akhir yaitu seri VIII MotoGP Italia 2022 (29/5/2022) kemudian absen untuk menjalani operasi keempat kali pada pergelangan tangan kanannya. Juara dunia 8 kali Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) dipastikan siap Comeback mengikuti sisa musim kompetisi MotoGP 2022 diawali pada lomba seri XIV MotoGP Aragon, Spanyol Minggu (18/9/2022).

Marquez akan mendampingi rekan setimnya Pol Espargaro sesama asal Spanyol yang selama ini nyaris tak terdengar karena tercecer jauh di belakang tak masuk 10 besar, seakan tim Repol Honda “tidak hadir” di lomba MotoGP.

Kini Marquez is back setelah sukses ikut tes MotoGP Misano pada 6-7 September lalu. Kondisinya semakin fit setelah tim dokter yang merawatnya mengizinkan mengikuti tes MotoGP Misano menguji bebagai komponen baru yang dikembangkan HRC untuk tim Repsol Honda.

Marc Marquez melakukan tes Honda RC213V pada tes MotoGP di Misano (6-7 September 2022). (Foto: HRC).*

“Kondisi saya sudah semakin baik dan tim dokter mengiizinkan saya ikut kompetisi lagi untuk sisa 6 seri musim 2022, dicoba dulu di MotoGP Aragon apa saya bisa bertahan. Ini sebagai persiapan menghadapi musim baru 2023,” jelas Marques pada rilis HRC (Honda Racing Corporation).

“Tim dokter ingin mengatahui kesiapan fisik saya mengikuti lomba yang sebenanya karena berlangsung selama tiga hari (dua hari latihan, kualifikasi dan sehari balap). MotoGP Aragon di sirkuit Motorland Aragon akan menjadi ujian fisik yang sebenarnya, apakah saya mampu mengatasi tekanan lomba yang amat berat, ini akan jadi penentu kondisi fitness apakah saya sudah fit 100% bisa mengikuti seri selanjutnya setelah Aragon karena akan berlangsung hampir tanpa jeda di luar Eropa sebanyak 4 seri (Jepang, Thailand, Australia, Malaysia), setelah itu seri terakhir di Valencia, Spanyol,” tegasnya.

Sirkuit Motorland Aragon merupakan sirkuit yang selama ini menjadi ladang perburuan kemenangan bagi pabrikan Honda, tim Repsol Honda. Sejak GP Aragon mulai digelar tim Repsol Honda langsung berjaya tahun 2011 oleh Casey Stoner, ditersulkan oleh Dani Pedrosa dan Marc Marquez 2012 dan 2013. Sebanyak tujuh kemenangan di kelas utama MotoGP Aragon diraih pembalap Honda.

Namun bagi Marc Marques kali ini tidak mengejar kemenangan yang ketujuh kali di Aragon, fokus utama berlomba untuk persiapan 2023.  Meningkatkan kesiapan fitness dan pengembangkan Honda RC213V melalui lomba yang sesungguhnya.

Hasil tes yang positif di Misano menjadi dasar keputusan untuk mencoba kesiapan Marques pada race yang sebenarnya, sebagai tahapan menuju recovery pesiapan musim 2023.

“Saya gembira bisa kembali ke sirkuit untuk bertanding yang sebenanya, kesiapan fisik akan dicoba seberapa siap saya bersaing dengan para pembalap yang jauh lebih fit dari saya, karena terus berlomba setiap seri. Ini akan menjadi ujian penting bagi saya,” tegas Marquez. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: