METRUM
Jelajah Komunitas

Podcast ‘Tabu’ Singapura Populer di Indonesia dan Malaysia

SEORANG podcaster Singapura Nicole Lim berusaha mematahkan tabu dengan membahas topik-topik yang mungkin dianggap sensitif oleh sebagian orang, tapi podcast-nya cukup populer di kalangan masyarakat Asia yang konservatif.

Dilansir dari VOA, lewat serial “Something Private”, Nicole menawarkan diskusi yang lebih terbuka mengenai isu-isu sensitif yang dialami para perempuan di negara itu dan sekitarnya.

Podcast itu menhadirkan wawancara mengenai beberapa isu, mulai dari KDRT, pengalaman kencan perempuan difabel sampai hubungan intim yang melibatkan beberapa pasangan.

Podcast itu telah diunduh puluhan ribu kali, kebanyakan di Singapura, serta di Indonesia dan Malaysia, di mana media tradisional menghindari topik-topik yang seringkali dianggap tabu itu.

“Saya berusaha mencari pembahasan yang jujur dan terbuka mengenai kesehatan seksual, tapi ketika saya membaca majalah-majalah perempuan yang ada di belahan dunia ini, semua isinya tentang gaya hidup,” kata perempuan 24 tahun itu kepada AFP.

“Di mana platform untuk pembahasan yang lebih dalam atau hal-hal yang lebih mengena?”

Meskipun sekolah-sekolah di Singapura mengajarkan pendidikan seks dengan kurikulum yang disediakan oleh pemerintah, program itu telah dikritik karena pendekatan konservatif yang menyerukan orang-orang untuk tidak berhubungan seks sebelum menikah

Tujuan Lim memulai prodcast itu tahun lalu adalah untuk membahas kesehatan seksual setelah seorang temannya didiagnosis mengidap herpes. Podcast yang masing-masing episodenya berdurasi 30-40 menit itu kemudian meluas ke berbagai topik lain, seperti kanker payudara, masturbasi, dan lain-lain.

Lim berharap podcastnya bisa memainkan peranan untuk memberi informasi kepada perempuan mengenai berbagai topik yang mungkin masih enggan mereka bicarakan. (M1-VOA/vm/ah)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: