METRUM
Jelajah Komunitas

Pogacar Juara Balap Sepeda Klasik Amstel Gold Race 2023

MAASTRICHT, BELANDA (METRUM) – Tadej Pogacar (24) andalan tim UAE Emirates sukses melalui solo break menjuarai balap sepeda klasik Amstel Gold Race ke-57 di Belanda, Minggu (16/4/2023).

Pembalap asal Slovania ini menyelesaikan jarak 253 km dari Maastricht ke Berg En Terblijt dengan waktu 6 jam 2 menit 2 detik, kedua Ben Healy (EF Education/Irlandia) + 38 detik dan ketiga Thomas Pidcock (Ineos Grenadier/Inggris) + 2 menit 14 detik. Sedangkan Alexey Lutsenko (Astana/Kazakstan) juara Giro di Sicilia 2 hari sebelumnya, harus puas finis kelima + 2 menit 14 detik.

Pada lomba klasik di Belanda ini, dua atlet tangguh yang pernah menjuarai Amstel Gold Race tak ikut serta, yaitu juara tahun 2021 Wout Van Aert (Jumbo Visma/Belgia) dan juara 2019 Mathieu Van Der Poel (Alpecin/Belanda).

Pogacar melakukan break away pada 19 km terakhir di rute menanjak pendek sejauh 700 meter Bemelerberg dan tak tersaingi lawan-lawannya, termasuk Alexey Lutsenko (Astana/Kazaksatan) yang baru saja menjuarai Giro di Sicilia.

Bagi Pogacar ini adalah sukses kedua menjuarai lomba klasik musim ini setelah memenangi Tour de Flanders. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.