METRUM
Jelajah Komunitas

Ridwan Kamil Apresiasi Cap Go Meh 2023 di Bogor

KOTA BOGOR (METRUM) – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil beri apresiasi tinggi atas terselenggaranya Cap Go Meh (CGM) Bogor Street Festival 2023 pada Minggu (5/2/2023) malam.

Perayaan CGM Bogor Street Festival 2023 tersebut diselenggarakan di kawasan Jalan Suryakencana, Bogor, Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan perhelatan acara ini menjadi salah satu kegiatan terbaik yang pernah diselenggarakan di Jawa Barat.

Dikatakan demikian lantaran acaranya cukup meriah, mengingat sebelumnya sempat terhenti saat masa pandemi COVID-19.

“Apalagi tadi ada pesan keberagaman yang sangat jelas, doa saja tadi lintas agama, kesenian dari seluruh Nusantara,” ujar Ridwan Kamil.

CGM Bogor Street Festival 2023 memang hadir dengan konsep megah. Ada sejumlah rangkaian acara menarik yang disuguhkan CGM Bogor Street Festival 2023 di sepanjang Jalan Suryakencana hingga Siliwangi.

Di antaranya ada pesta rakyat kebersamaan dalam perbedaan yang diisi dengan momen doa bersama oleh para tokoh dari agama yang berbeda-beda.

Selain itu ada juga penampilan seni budaya tradisi, kolosal, komunitas budaya, serta bazar dari pelaku UMKM di Kota Bogor.

Meski demikian Ridwan Kamil mengatakan, perayaan CGM Bogor Street Festival 2023 ia sampaikan ada sedikit perbedaan.

Pasalnya momentum Cap Go Meh pada tahun ini menjadi perhelatan terakhir yang ia saksikan dalam masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat yang akan berakhir pada tahun ini.

Karena itu, Ridwan Kamil berharap keberagaman yang disaksikan di momen CGM Bogor Street Festival 2023 dapat terus dijaga dan disempurnakan.

Sehingga upaya itu pada akhirnya dapat mewujudkan CGM Bogor Street Festival 2023 menjadi gelaran acara yang terbaik se-Indonesia.

“Tidak tahu takdir ke depan seperti apa maka dari itu saya sampaikan kepada seluruh warga, saya menghaturkan pamit walaupun September baru berakhir masa jabatan Gubernur, tapi Cap Go Meh tahun ini jadi momentun terakhir bagi saya,” tutur Ridwan Kamil.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas nama warga Jabar, wilayah Kota Bogor di bawah kepemimpinan kang Bima Arya (Wali Kota Bogor) memberikan keteladanan dalam merawat keberagaman, karena memang itulah seharusnya nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika ditunjukkan. Mudah-mudahan ini menjadi sebuah warisan dari Pak Wali (Bima Arya) dan masyarakat Kota Bogor,” tambahnya.

Sejalan dengan pernyataan Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya berharap kemeriahan acara CGM Bogor Street Festival 2023 terus dijaga hingga tahun-tahun selanjutnya.

Pasalnya CGM Bogor Street Festival 2023 pada dasarnya bukan sekadar kegiatan kesenian atau kebudayaan.

Lebih dari itu, CGM Bogor Street Festival 2023 hadir sebagai bagian dari tradisi untuk merawat keberagaman yang merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang.

Karena itu di masa mendatang diharapkan para panitia dan pihak terkait dapat berkolaborasi lebih baik dengan pejabat pemerintahan.

“Karena kita ini semangatnya yang mengIndonesia, sesuai dengan _tagline_ ‘Bogor untuk Indonesia,” ujar Bima Arya.

CGM 2023 di Kota Bogor juga dihadiri Atalia Praratya, istri Gubernur Ridwan Kamil. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.