METRUM
Jelajah Komunitas

Tingkatkan Hubungan Taiwan-India, Joseph Wu Hadiri Festival Deepavali India

TAIWAN, ROC – Festival Deepavali India atau yang juga dikenal dengan sebutan Festival Cahaya, salah satu kebudayaan agama Hindu dari India, di Taiwan sendiri digelar pada Jumat (13/11/2020), seperti dilansir dari RTI. Menteri Luar Negeri Joseph Wu yang turut menghadiri festival tersebut, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa dirinya sangat berharap dapat menjalin berbagai macam bentuk kerjasama dengan negara India, agar hubungan persahabatan yang telah ada dapat berkesinambungan.

Selain itu, Wu juga menerima niat baik masyarakat India yang menjadikan Taiwan sebagai bagian dari kampung halaman ke dua mereka. Joseph Wu juga tidak lupa menyampaikan pesan dari Presiden Tsai Ing-wen yang juga turut berharap Taiwan dan India dapat bersama-sama menciptakan masa depan yang gemilang.

Festival Deepavali India kali ini digelar di Taipei Quest House. Kementerian Luar Negeri atau MOFA menyampaikan suasana Taipei Quest House ditata dengan bernuansa India, lengkap dengan Rangoli dan kedai Henna, serta penayangan video tentang India.

Selain itu ada juga penari asal Taiwan dan India, yang membawakan tarian tradisional kuno India dan juga gaya baru Bollywood. Tamu yang hadir juga dapat mencicipi Chana Masala, salah satu makanan populer India.

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih terus mengganas di seluruh dunia, sebuah anugerah bahwa Taiwan dan India masih dapat bersama-sama merayakan Festival Deepavali di Taiwan sehingga dapat memberikan semangat bagi sesama, serta diharapkan kegiatan kali ini dapat turut memperdalam hubungan yang terjalin antara Taiwan dan India.

Pihak MOFA menjelaskan, selain Joseph Wu, kegiatan juga turut mengundang Taiwan-India Parliamentary Friendship Association, legislator Wu Yu-chin, Ketua India Taipei Association Harkishin.

Legislator Wu Yu-chin menyampaikan bahwa hubungan antara Taiwan dan India terus mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir. Taiwan yang adalah sebuah pulau Formosa, dalam kondisi pandemi COVID-19 yang mengoyak dunia, namun untuk Taiwan sendiri masih dapat menjalankan berbagai aktivitas perayaan seperti Festival Deepavali, adalah sebuah hal yang sangat patut disyukuri.

Ia juga menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik kedatangan teman-teman dari India, tidak hanya melanjutkan pendidikan di Taiwan saja, namun juga dapat berkarir bahkan menetap tinggal di Taiwan. Wu Yu-chin mengatakan, “Kalian adalah salah satu bagian dari Taiwan, yang juga adalah bagaikan anggota keluarga kami.”

Wu Yu-chin melanjutkan jika Festival Deepavali juga berarti menyambut terpaan cahaya, menghilangkan bayangan hitam. Namun Taiwan yang juga tetap menghadapi bahaya pandemi COVID-19, termasuk sikap arogan Daratan Tiongkok yang hendak masuk menyerang hak asasi manusia dan kedaulatan yang dimiliki Taiwan, maka dirinya berharap Taiwan dan India, dapat berkolaborasi untuk mengantisipasi berbagai bentuk serangan yang ada saat ini. (M1-RTI)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: