METRUM
Jelajah Komunitas

5 Stadion Sepak Bola dengan Kapasitas Terbesar di Indonesia

SEPAK BOLA merupakan olahraga yang paling diminati masyarakat Indonesia dari kalangan muda hingga kalangan tua. Antusias sepak bola di tanah air sangat besar, baik sepak bola dalam maupun luar negeri. Pecinta sepak bola biasa disebut dengan supporter, dengan adanya supporter yang sangat banyak maka klub-klub di Indonesia menyiapkan stadion semaksimal mungkin agar mereka bisa menonton secara langsung. Agar bisa muat banyak pastinya stadion harus memiliki kapasitas yang sesuai.

Berikut 5 stadion di Indonesia dengan kapasitas terbesar.

1. Stadion Utama Riau

Stadion utama riau dibangun pada tahun 2009 dan baru diresmikan pada tahun 2012. Stadion kebanggaan kota riau ini dapat menampung supporter sebanyak 44.000 orang di dalamnya.

2. Stadio Jatidiri Semarang

Stadion Jatidiri Semarang (Sumber: JejakPiknik.com).*

Stadion Jatidiri merupakan markas dari Klub PSIS Semarang. Awalnya hanya memiliki kapasitas 21.000 penonton. Setelah melakukan renovasi, Stadion Jatidiri dapat menampung 45.000 supporter di dalamnya.

3. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo (Sumber: indosport.com).*

Stadion Gelora Bung Tomo berada di Surabaya dan diresmikan pada tahun 2010 dengan kapasitas maksimal sebanyak 46.000 penonton di dalamnya. Namun, stadion ini terancam tidak dapat dipakai lagi karena masalah biaya sewa yang terlalu tinggi.

4. Stadion Palaran Kaltim

Stadion Palaran Kaltim (Sumber: kumparan.com).*

Stadion yang berada di wilayah Kalimantan Timur ini memiliki kapasitas sebesar 67.000 penonton. Stadion ini diresmikan pada tahun 2008 dan langsung dijadikan venue PON pada saat itu. Sayangnya, stadion ini terbengkalai setelah klub Borneo FC memutuskan untuk tidak memakai stadion ini dan memilih untuk pindah ke Stadion Segiri.

5. Stadion Gelora Bung Karno

Stadion GBK (Sumber: GBK.ID).*

Stadion Gelora Bung Karno atau biasa disingkat GBK merupakan markas timnas Indonesia dan Persija Jakarta. Dibangun Ir. Soekarno pada tahun 1962 untuk menyambut Asian Games dengan kapasitas awal 90.000 penonton. Setelah melakukan renovasi pada tahun 2018 yang juga untuk menyambut Asian Games, kapasitas Stadion GBK menyusut menjadi 76.000 penonton saja. Meskipun menyusut drastis, stadion GBK tetap menjadi stadion dengan kapasitas terbesar di Indonesia. (Muhammad Rifki Aldiya/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: