METRUM
Jelajah Komunitas

Aktivis Iklim Lemparkan Sup ke Lukisan Mona Lisa di Paris

DUA aktivis iklim melemparkan sup ke bagian kaca yang melindungi lukisan “Mona Lisa” di museum Louvre di Paris, pada Minggu (28/1/2024), dan meneriakkan slogan-slogan yang mendukung sistem pangan berkelanjutan.

Dilansir dari VOA, dalam sebuah video yang diunggah ke media sosial, terlihat dua perempuan dengan kaos bertuliskan “FOOD RIPOSTE” melewati pagar pembatas keamanan untuk kemudian mendekat ke lukisan tersebut dan melemparkan sup ke lembaran kaca yang melindungi mahakarya Leonardo da Vinci itu.

“Mana yang paling penting?” teriak mereka. “Seni atau hak atas pangan sehat dan berkelanjutan?”

“Sistem pertanian kita sedang sakit. Petani kita sekarat di ladangnya,” tambah mereka.

Para pegawai museum Louvre kemudian terlihat memasang panel hitam di depan Mona Lisa dan meminta pengunjung meninggalkan ruangan.

Polisi Paris mengatakan dua orang telah ditangkap menyusul insiden tersebut.

Di laman daringnya, kelompok Food Riposte menyebut pemerintah Prancis melanggar komitmen iklimnya dan menyerukan penerapan sistem layanan kesehatan yang setara, yang dibiayai negara bagian, untuk memberikan akses lebih baik bagi masyarakat ke makanan sehat, sekaligus memberikan pendapatan yang layak bagi para petani.

Para petani Perancis yang marah telah menggunakan traktor mereka selama berhari-hari untuk memblokade jalan dan memperlambat lalu lintas di seluruh Prancis, untuk menuntut penghargaan yang lebih baik atas panen mereka, pengurangan birokrasi dan perlindungan terhadap komoditas impor yang murah. Mereka juga membuang limbah pertanian yang berbau busuk di gerbang kantor-kantor pemerintah. (M1-VOA/ns/rd)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.