METRUM
Jelajah Komunitas

Antisipasi Kesehatan Petugas Saat Pemilu 2024, Puskesmas Kota Bandung Siaga!

KOTA BANDUNG (METRUM) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiagakan petugas medis dan Puskesmas pada hari pencoblosan Pemilu 2024 nanti untuk memastikan kesehatan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asep Saeful Gufron mengatakan Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono telah menginstruksikan Dinas Kesehatan juga akan menyediakan suplemen bagi petugas KPPS. Hal ini agar KPPS fit saat menjalankan tugas di hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Prioritas kami mengkoordinasikan dengan Dinas Kesehatan. Pak Wali mengintruksikan Puskesmas setelah pencoblosan dibuka dan menyediakan suplemen bagi tenaga KPPS,” kata Asep, Selasa 30 Januari 2024.

Asep mengungkapkan, petugas KPPS sudah melakukan skrining kesehatan saat pendaftaran. Namun, untuk mengantisipasi kesehatan petugas, Puskesmas di Kota Bandung akan buka pada hari H pencoblosan.

“Persyaratan KPU, petugas KPPS maksimal 55 tahun. Mengingat cukup melelahkan, perlu tenaga KPPS betul-betul tidak terlalu tua sehingga daya tahan tubuh lebih baik. Puskesmas buka (saat hari H pencoblosan). Kita belajar dari 5 tahun belakang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bandung Wenti Frihadianti mengaku bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam menyediakan suplemen bagi para KPPS.

“Terkait vitamin, terakhir dipastikan puskesmas terdekat menyediakan suplemen,” ujarnya.

Ia menyebut, pada hari H pemilu, puskesmas pun akan tetap beroperasi sebagai antisipasi jika ada KPPS yang butuh penanganan medis.

“Kita juga meminta ada petugas (kesehatan) yang stay di sana (TPS). Walaupun misalnya nantinya KPPS merasa lelah dan sakit bisa langsung ke Puskesmas terdekat,” ucapnya. (M1-rob)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.