METRUM
Jelajah Komunitas

Arkei Radio, Wadah Penyiaran Mahasiswa Unibi

ARKEI Radio merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia (UNIBI) dan merupakan bagian dari radio komunitas di Bandung. Arkei Radio ini bergerak di bidang penyiaran, baik itu radio maupun televisi. Lokasi Arkei berada di komplek Kampus UNIBI, Jl. Soekarno Hatta No.643, Sukapura, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung.

(Dok.UNIBI).*

Arkei Radio terbentuk pada tahun 2014, yang mana pada saat itu masih bernama UCR (Unit Control Radio). Namun karena mengalami pergantian kepengurusan, akhirnya pada tahun 2015 UCR berganti nama menjadi Arkei Radio.

Uniknya nama arkei ini diambil dari kata “Radio Kampus” yang diambil hanya huruf inisial depannya saja, namun menggunakan pelafalan bahasa Inggris R (ar) dan K (Kei), jadilah nama Arkei Radio.

Arkei Radio memiliki ruangan Lab Audio Visual yang digunakan untuk proses produksinya. Di ruangan tersebut sudah tersedi berbagai fasilitas yang mendukung seperti alat-alat untuk siaran radio, audio mixer, green screen, lighting, kamera dan lain sebagainya.

(Dok.UNIBI)*

Arkei Radio memiliki dua kegiatan utama, yaitu program on air dan program off air. Program on air merupakan kegiatan siaran radio yang bersifat live di saluran udara. Dalam program on air ini Arkei Radio biasanya menghadirkan acara-acara yang menghibur pendengar dan tidak lupa ditemani dengan lagu-lagu agar pendengar tidak bosan.

Berbeda dengan on air, program off air Arkei bisanya berupa event yang digelar agar Arkei Radio bisa dikenal oleh banyak kalangan, khususnya mahasiswa.

Lab. Audio Visual UNIBI (Dok.UNIBI).*

Banyak kegiatan off air yang sudah dilaksanakan Arkei Radio, seperti seminar, lomba penyiaran, pelatihan dan workshop. Di antaranya adalah Seminar Television Journalism, sebuah seminar yang bertujuan untuk berbagi ilmu mengenai dunia jurnalistik di ranah pertelevisian yang diselenggarakan pada 30 November 2018 di Aula kampus UNIBI. Acara tersebut menghadirkan narasumber jurnalis NET TV dan Kompas TV.

(Dok.UNIBI).*

Event terakhir yang digelar adalah Public Speaking Workshop & Radio Anouncing Competition pada 18 Januari 2020 lalu di Kampus UNIBI yang menghadirkan DJ Arie, seorang broadcast trainer dan communications coach ternama asal Kota Bandung. (Annisa Noor)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: