METRUM
Jelajah Komunitas

Boseh Sepeda Tuamu, Wisata Ngga Harus Mahal!

PAGUYUBAN Sapedah Baheula Bandoeng (PSBB) bersama Pemerintah Kota Bandung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Satgas Pemulihan Ekonomi, PMI, Satgas Covid Kota Bandung dan Kiara Artha Park mengadakan acara Bandung Wisata Onthel 2021 pada Minggu (21/11/2021) di Kiara Artha Park, Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

Acara bertajuk “Wisata Ga Harus Mahal, Cukup Gowes Sepeda Tuamu” ini diikuti sekitar 400 pesepeda onthel (onthelis) dari seputaran Bandung Raya. Kegiatan dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Dewi Kaniasari, sekaligus melepas ratusan onthelis bersama Camat Batununggal, sesepuh PSBB, influencer Budi Dalton dan Yujeng dari gerbang start di Kiara Artha Park menuju jalur wisata heritage di Kota Bandung.

Kepala Disbudpar Kota Bandung Dewi Kaniasari melepas peserta (Foto: Dok. PSBB).*

Kepala Disbudpar Kota Bandung Dewi Kaniasari mengatakan, kegiatan Bandung Wisata Onthel 2021 ini adalah program Disbudpar Kota Bandung dalam mendukung ragam jenis wisata yang bisa dilakukan di Kota Bandung, sekaligus mendukung program pemulihan ekonomi nasional dan UMKM di bidang Pariwisata.

Onthelis di Gedung BI (Foto: Dok. PSBB).*

“Untuk menarik dan menggairahkan kembali kunjungan wisata ke Kota Bandung dan mulai membangkitkan kembali geliat ekonomi masyarakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Ayo yang mau berwisata menggunakan sepeda onthel berkeliling kota di Bandung, berwisata tidak harus mahal, cukup gowes sepeda tuamu,” ujar Dewi.

Ketua atau Residen Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng (PSBB) Wahab Romli menuturkan, peserta wisata onthel ini dibagi menjadi tiga rombongan dalam tiga rute yang berbeda untuk menghindari kerumunan yang besar. Satu rute rombongan menempuh jalur titik wisata sepeda yang berbeda. Onthelis diberi tanda gelang warna untuk membedakan jalur. Rute satu menggunakan tanda gelang merah, rute dua menggunakan gelang kuning dan rute tiga menggunakan tanda gelang biru.

Onthelis di Gedung Sate (Foto: Dok. PSBB).*

“Rute satu, untuk para onthelis yang menggunakan gelang merah menuju Gedung Sate, rute dua yang menggunakan gelang kuning menuju Gedung Merdeka dan rute tiga, gelang biru, menuju Gedung Bank Indonesia dan seputaran Balai Kota Bandung,” kata Uwa, sapaan akrab Wahab Romli.

Onthelis di Gedung Merdeka (Foto: Dok. PSBB).*

Dalam perjalanan, para onthelis yang berada di lokasi destinasi wisata melakukan wefie dan selfie, yaitu berfoto bersama atau swafoto lalu diunggah ke media sosial dengan men-tag dan membuat hastag yang sudah ditentukan panitia. Sejatinya, para onthelis yang ikut gowes dengan menggunakan pakaian atau kostum unik dan menarik ini bersepeda santai secara fun, tidak terburu-buru waktu dan bergembira-ria menikmati keindahan kota, khususnya titik-titik cagar budaya yang memiliki nilai estetika dan sejarah tinggi.

Residen PSBB Wahab Romli beserta beberapa sesepuh PSBB (Foto: Dok. PSBB).*

Semoga, kegiatan Bandung Wisata Onthel 2021 ini menjadi pemicu kebangkitan dan kembali pulihnya pariwisata di Kota Bandung seperti sediakala. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: