METRUM
Jelajah Komunitas

Braga Free Vehicle: Dishub Kota Bandung Siapkan Kantong Parkir dan Tiga Rute Bandros

KOTA BANDUNG (METRUM) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mempersiapkan sejumlah aspek pendukung terciptanya Braga Free Vehicle atau kawasan Jalan Braga yang bebas dari kendaraan.

Beberapa upaya yang telah disiapkan dan sedang dikaji antara lain penyediaan beberapa titik kantong parkir di kawasan Jalan Braga, serta dipersiapkannya tiga rute Bandung Tour on The Bus (Bandros) untuk mengangkut wisatawan dari hotel-hotel di sekitar Kota Bandung.

Pelaksana Harian Kepala Dishub Kota Bandung, Asep Koswara menyebut, uji coba rute Bandros untuk wisatawan ini dilakukan agar dapat mengukur durasi dan melihat ketersediaan armada Bandros di Kota Bandung. Sementara ini, kata Asep, tiga rute yang akan dilewati oleh Bandros antara lain:

1. Rute Dago – Jalan Braga, melintasi sepanjang Jalan Ir. H. Djuanda menuju Hotel Kedathon.
2. Rute Pasteur – Jalan Braga, melintasi Jalan Pasteur, lalu belok ke Jalan Cihampelas, Jalan Wastukancana, dan berakhir di kawasan Braga.
3. Rute TSM – Jalan Braga, melintasi Jalan Gatot Subroto, menuju Jalan Asia Afrika, dan berakhir di kawasan Braga.

“Kita perlu tahu hotel mana yang pengunjungnya bisa kita jemput (untuk berwisata ke Jalan Braga). Saat ini kami siapkan dua bandros untuk tiga rute tersebut. Masing-masing dua, jadi total ada enam Bandros,” ujar Asep di Balai Kota Bandung pada Minggu, 28 April 2024.

Dishub Kota Bandung juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Salah satunya Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI), untuk bisa memastikan hal teknis terkait operasional Bandros sebagai angkutan ke Jalan Braga saat Braga Free Vehicle diterapkan.

“Kami perlu koordinasi juga dengan beberapa pihak seperti PHRI. Agar lebih jelas kita memulai jam operasionalnya. Setelah kami melakukan simulasi, kami akan segera menginfokan lebih lanjut,” katanya.

Di sisi lain, Dishub Kota Bandung juga telah menyiapkan sarana kantong parkir yang bisa digunakan wisatawan ke kawasan Jalan Braga. Asep menyebut nantinya ada area parkir off street dan on street.

Lebih rinci, area parkir off street tersebut antara lain di kawasan Balaikota Bandung, Taman Dewi Sartika, Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bank BJB, Bank Bandung, serta Kantor Pos Jalan Banceuy.

Adapun parkir on street yang disiapkan antara lain di kawasan Viaduct, Jalan Cikapundung, serta Jalan Braga Pendek.

Asep menyebut, penerapan Braga Free Vehicle mulai dilakukan pada 4—5 Mei 2024 mendatang. Secara teknis, nantinya kawasan Jalan Braga akan bebas kendaraan mulai hari Sabtu pukul 16.00 WIB hingga Minggu malam pukul 23.59 WIB.

“Kami sudah koordinasi dengan TNI Polri dan Kewilayahan soal penutupan jalan bagi kendaraan yang bukan tamu hotel di kawasan tersebut. Selain tadi ada rute Bandros, kami siapkan juga beberapa kantong parkirnya,” tutur Asep. (M1-ray)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.