METRUM
Jelajah Komunitas

Carapaz Menangi Etape XX, Evenepoel Menuju Podium Juara di Madrid

PUERTO DE NAVACERRADA, SPANYOL (METRUM) – Remco Evenepoel (22) andalan tim Quick Step memastikan gelar juara balap sepeda Vuelta a Espana 2022 menjadi miliknya setelah finis bersama dalam satu grup atlet klasemen rangking atas lainnya pada rute tanjakan etape XX, Minggu (11/9/2022) WIB.

Atlet muda berbakat asal Belgia ini tinggal menunggu penobatan juara Vuelta 2022 pada etape XXI (terakhir) di Madrid, Senin (12/9/2022) dini hari WIB.

Evenepoel tak kuasa menahan rasa harunya setelah mencapai finis, dia menangis tersedu-sedu di pelukan Patrick Lefevere Direktur tim Quick Step.

“Dia sudah seperti anak saya sejak bergabung dengan tim Quick Step pada usia 17 tahun, Remco adalah remaja berbakat yang punya masa depan cerah,” kenang Lefevere.

“Remco sempat mengalami musibah berat yang nyaris menghentikan karirnya ketika terjatuh dari jembatan tahun 2021 ketika mengikuti lomba di Italia. Kami melalui masa kelam itu bersama untuk bangkit dan ini adalah sukses awal Remco yang diharapkan warga Belgia,” tuturnya.

“Tahun ini Remco bangkit sejak awal musim dengan memenangi lomba klasik Liege Bastogne Liege, lalu San Sebastian dan kini di Vuelta memenangi dua etape dan memimpin klasemen, kaus merah akan jadi miliknya sebagai juara Vuelta 2022 di akhir etape XXI di Madrid,” ungkapnya.

Remco Evenepoel, 22 tahun asal Belgia dari tim Quick Step menangis terharu usai finis etape XX Vuelta di Puerto de Navacerrada, Minggu (11/9/2022) WIB, memastikan gelar juara Vuelta 2022 menjadi miliknya. (Foto: AFP).*

Pada etape XX, rute tanjakan Moralzarzal –Puerto de Navacerrada 181 km, melalui 5 tanjakan menjadi anti klimaks karena persaingan seru akhirnya tidak terjadi. Rangking kedua klasemen Enric Mas (Movistar) tidak tampil sesuai harapan untuk bisa menggoyahkan posisi pemegang kaus merah Remco Evenepoel.

Tampil sebagai pemegang etape ini pemegang medali emas “road race” Olimpiade Tokyo 2020, Richard Carapaz (Ineos) yang melakukan solo break. Ini merupakan kemenangan etape yang ketiga kalinya bagi atlet asal Ekuador berusia 29 tahun ini pada Vuelta 2022 sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai king of mountain (kaos polka dot).

“Enric Mas tampaknya hanya ingin mempertahankan posisinya sebagai runner up, dia tampak ragu dan tidak maksimal menyerang, mungkin juga sudah kelelahan juga, jadinya etape XX ini seakan etape “perdamaian” antara Evenepoel dan Mas,” ungkap Alberto Contador juara Tour de France 3 kali dan juara Vuelta 3 kali yang kini menjadi komentator ahli untuk Euro Sport.

Hasil etape XX

  1. Richard Carapaz (Ineos/Ekuador) 4 jam 41 menit 34 detik
  2. Thymen Arensman (DSM/Belanda ) + 8 detik
  3. Juan Ayuso (UAE Team Emirates/Spanyol) +  13 detik
  4. Jai Hindley (Bora/Australia) +13 detik
  5. Enic Mas (Movistar/Spanyol) + 13 detik
  6. Remco Evenepoel (Quick Step/Belgia) + 15 detik

Klasemen umum

  1. Remco Evenepoel (Quick Step/Belgia) 78 jam 12 detik
  2. Enric Mas (Movistar/Spanyol) +2 menit 5 detik
  3. Yuan Ayuso (UAE Team/Spanyol) + 5 menit 8 detik
  4. Miguel A. Lopez (Astana/Kolombia) +5 menit 56 detik
  5. Joao Almeida ( UAE Team/Portugal) +7 menit 16 detik

Senin (12/9/2022) dinihari WIB etape XXI di seputar Madrid 90 km yang tak menentukan. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: