METRUM
Jelajah Komunitas

Remco Evenepoel Juara Vuelta a Espana 2022

MADRID, SPANYOL (METRUM) – Atlet muda Belgia Remco Evenepoel (22) merebut gelar juara lomba Grand Tour pertama kali Vuelta a Espana 2022 yang berakhir di Madrid, menyelesaikan etape XXI (terakhir), Senin (12/9/2022) dinihari WIB. Andalan tim Quick Step-Alpha Vinyl ini menjadi atlet Belgia pertama setelah penantian 45 tahun yang kembali bisa menjadi juara Vuelta sejak Freddy Maertens (Flandria Velda) atlet Belgia terakhir menjadi juara tahun 1977.

Pada etape terakhir (XXI) yang tak berpengaruh lagi di seputar Madrid 96 km, tampil sebagai pemenang melalui adu sprint massal, Juan Sebastian Molano (UAE Team Emirates/Kolombia) mengalahkan pemegang kaus hijau (king of sprint) Mads Pedersen (Trek/Denmak) dan Pascal Ackermann (UAE Team/Jerman) dan peloton besar termasuk pemegang kaus merah juara Vuelta 2022 Remco Evenepoel, semuanya dengan waktu sama 2 jam 26 menit 36 detik.

Remco Evenepoel (Quick Step) menjadi juara Vuelta 2022 dengan keunggulan waktu 2 menit 2 detik atas runner up atlet tuan rumahEnric Mas (Movistar/Spanyol),  bagi Mas ini adalah dua tahun beruntun menjadi runner up setelah tahun lalu Vuelta dijuarai Primoz Roglic (Jumbo Visma/Slovania).

Adu sprint finis massal etape terakhir (XXI) Vuelta di Madrid, Senin (12/9/2022) dinihari WIB, dimenangi Juan S. Molano (UAE Team/Kolombia) tengah. (Foto: Charly Lopez/Unipublic).*

“Ini merupakan sejarah bagi tim kami (Quick Step), negara saya Belgia dan saya pribadi. Sukses ini amat istimewa bagi tim Quick Step yang spesialis juara lomba klasik dan merebut etape lomba grand tour. Kini kami juga bisa menjadi juara umum lomba Tour,” ungkap Evenepoel usai finis.

“Hasil  juara ini membuat saya tenggelam dalam kebahagian, kemarin sudah terasa atmosfer juara, tapi hari ini resmi saya juara Vuelta 2022 naik podium,” tutur Evenepoel yang juga menjadi juara kategori atlet muda U25 (kaus putih).

“Saya amat bersyukur karena tahun 2020 lalu saya jatuh ke jurang di jembatan pada lomba Tour de Lombardy di Sormano, saya dikhawatirkan tidak bisa berlomba lagi, istirahat nyaris setahun (2021) sebelum melakukan comeback yang menjanjikan,” jelasnya.

Juara klasemen lainnya

Sementara untuk klasemen kaus polda dot biru (King of Mountain), diraih Richard Carapaz IIneos/Ekuador) juara “road race” Olimpiade Toky 2020. Dia merebut 3 etape pada Vuelta 2022. Sedangkan untuk kaus hijau (King of Sprint) menjadi milik Mads Pedersen (Trek/Denmark) yang juga memenangi 3 etape pada Vuelta tahun ini. Kaus putih (U-25) juga diraih Remco Evenepoel (Quick Step) yang menjadi juara umum Vuelta 2022. Klasemen beregu (tim) dijuarai tim UAE Team Emirates.

Tim Quick Step Alpha Vinyl (Belgia) berbaris merayakan sukses Femco Evenepoel (kaus merah) menjuarai Vuelta 2022. (Foto: Getty Sport).*

Klasemen umum Vuelta 2022:

  1. Remco Evenepoel (Quick Step Alpha Vinyl/Belgia) 80 jam 26 menit 59 detik
  2. Enric Mas (Movystar/Spanyol) + 2 menit 2 detik
  3. Juan Ayuso (UAE Team/Spanyol) + 4 menit 57 detik
  4. Miguel Angel Lopez (Astana/Kolombia) +5 menit 56 detik
  5. Joao Almeida (UAE Team/Portugal) +7 menit 24 detik
  6. Thymeb Arensman (DSM/Belanda) +7 menit 45 detik
  7. Carloz Rodriguez (Ineos/Portugal) +  7 menit 57 detik
  8. Ben O’Connor (AG2R Citroen/Australia) + 10 menit 30 detik
  9. Rigoberto Uran (EF Educatation/Kolombia) + 11 menit 4 detik
  10. Jai Hindley (Bora/Australia) + 12 menit 1 detik

Hanya 134 atlet yang mencapai finis dari 184. Yang gugur 50, di antaranya 39 terkena Covid-19 sehingga harus mundur, hanya sebagian yang terhenti karena cedera dan sakit. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: