METRUM
Jelajah Komunitas

Coflyng, Komunitas Pesepeda dan Penikmat Kopi

SEJAK dulu banyak pegiat sepeda yang juga penikmat kopi. Konon keduanya merupakan perpaduan kesenangan dan kenikmatan yang sempurna. Usai bersepeda kemana saja selalu istirahat di kedai, café, atau warung kopi.

Hal itu yang menginspirasi Ardiana Manan salah seorang pesepeda dan penikmat kopi di Bandung Raya, bersama rekan-rekannya mendirikan komunitas pesepeda berbasis para penikmat kopi dengan nama COFLYNG akronim dari Coffe Family Cycling.

Komunitas yang memiliki filosofis “Sepeda sebagai alat transportasi untuk mencari secangkir kopi” tersebut berdiri pada 5 Desember 2020, dilatarbelakangi menyatukan hobi yang sama yaitu menikmati kopi bersama sambil sepedahan.

Coflying, komunitas sepeda yang bermarkas di komplek perumahan Kopo Permai, Kabupaten Bandung (Foto: Dok. Coflying).*

Dengan mengusung jargon Uyuup Uyuup Suruput, hingga saat ini Coflyng sudah beranggotakan 50 pesepeda. Genre sepedanya beraneka ragam, tapi didominasi pengguna sepeda lipat. Komunitas ini bermarkas di komplek perumahan Kopo Permai, Kabupaten Bandung.

Kegiatan bersepeda rutinnya dilakukan setiap akhir pekan atau hari libur, biasanya melakukan gowes keliling kota atau sesekali melakukan perjalanan jarak jauh. Tak hanya kegiatan bersepeda saja, setiap sebulan sekali melakukan aksi sosial, yaitu berbagi nasi dan aksi penggalangan bantuan untuk masyarakat terdampak berbagai musibah, seperti banjir yang terjadi di daerah Subang beberapa waktu yang lalu.

Coflyng sudah tergabung dalam wadah Forum Komunikasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya (Forkom Bandung Raya). Tercatat di database sebagai anggota ke-256. Ardiana Manan selaku ketua Coflyng saat ini, ditunjuk sebagai koordinator salah satu kegiatan Forkom Bandung Raya yaitu Kolaborasi Kebikean yang diadakan rutin sebulan sekali.

1st Anniversari

Waktu terasa berlalu dengan cepat, meninggalkan cerita tentang sebuah kebersamaan. Tanpa terasa Coflyng sudah setahun bersama mengayuh sepeda, saling berbagi suka dan duka sambil menikmati segelas kopi.

Perjalanan mereka tidak lah selalu mulus, terkadang dihadapkan pada berbagai persoalan, baik internal maupun eksternal sebagai bagian dari dinamika. Tapi menurut angota yang tetap konsisten dan berkomitmen, persoalan tersebut justru menjadi penguat mereka untuk tetap melangkah, mengayuh dan beraktivitas.

Sebentar lagi memasuki bulan Desember, yang mana pada tanggal 5 bertepatan dengan hari Minggu, Coflyng akan merayakan hari jadinya yang pertama dan mengadakan acara bertajuk THE FIRST ANNIVERSARY COFFEE FAMILY CYCLING.

Meski terbatas, kegitan akan diikuti perwakilan dari beberapa komunitas yaitu Norc Bandung Raya, Troybars, Lauxerbandung, Ecosmo bandung, CCi, Libass, Supel (Subang Sepeda Lipat), Slimi (Sepeda Lipat Sukabumi), Boseh lipat bandung dan mengundang perwakilan dari Forkom Bandung Raya.

E-poster 1st Annivesarry (Dok. coflyng).*

Kegiatan diisi dengan berbagai acara menarik seperti welcome drink, seremonial, games, live music, dan pembagian doorprize, Tentu saja akan diawali dengan kegiatan bersepeda bersama seluruh peserta, baik anggota maupun para undangan.

Perjalanan bersepeda dimulai dari lokasi titik kumpul yaitu Cikapundung River Spot melalui Jalan ABC, Braga, Suniaraja, Viaduct, Perintis Kemerdekaan, Wastu Kencana, Aceh, Banda, Cimandiri, Diponegoro, dan berakhir di Jalan Citarum tepatnya di GRUNKITCHEN.

“Selain ada hadiah-hadiah menarik dari berbagai sponsor, ada hadiah utamanya berupa satu unit FRAME FOLDING BIKE LITEPRO, yang tentu saja sangat diharapkan peserta yang ikut acara ini untuk bisa mendapatkannya,” ujar Ardiana.

Dirgahayu yang pertama buat Coflyng, semoga makin jaya, bersemangat dan guyub, serta tetap menjadi komunitas pesepeda yang menginpirasi dalam segala hal ke-bike-an.

Bagi teman-teman yang mau gabung atau ingin lebih tahu informasi tentang Coflyng, silahkan kunjungi berbagai media sosialnya, ada Facebook dan Intsragram @coflyng_fun.

Salam sehat, semangat, dan tetap waspada. Selalu menerapkan protokol kesehatan, selalu bersepeda dengan bijak, tertib, dan beretika. Salam boseh dan go green! (Cucu Hambali, Bersepeda itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: