METRUM
Jelajah Komunitas

Covid-19 Menyebar ke Pedesaan, Kematian Lebihi 4.000 di India

PEJABAT pemerintah mengatakan wabah COVID-19 India telah stabil di beberapa negara bagian, tetapi kematian meningkat mencapai 4.194 pada hari Sabtu (22/5/2021), seperti dilansir dari VOA. Infeksi virus tersebut menyebar di daerah pedesaan di mana layanan kesehatan publik sulit dan sudah melampaui batas.

India melaporkan lebih dari 400.000 infeksi dalam sehari pada awal Mei tetapi jumlahnya perlahan-lahan berkurang. Pada hari Sabtu, data pemerintah menunjukkan adanya 257.299 kasus baru.

Kasus aktif di negara bagian terkaya di Maharashtra dan Karnataka, rumah bagi pusat teknologi Bengaluru, dan negara bagian pesisir Kerala telah berkurang dalam dua minggu terakhir, kata pejabat kementerian kesehatan Lav Agarwal sebagaimana dikutip dari Reuters.

Jumlah kasus COVID-19 harian di negara bagian, termasuk Benggala Barat, yang baru-baru ini menyelesaikan pemilihan, dan negara bagian selatan Andhra Pradesh dan Tamil Nadu sedang meningkat, katanya.

Dengan rumah sakit yang melebihi kapasitas, sistem kesehatan di kota-kota menjadi kewalahan dan kekurangan vaksin, para ahli memperingatkan India dapat menghadapi gelombang infeksi ketiga dalam beberapa bulan mendatang.

“Meskipun (penyebaran virus corona) telah stabil di banyak negara bagian, dan secara keseluruhan beban telah berkurang, kami masih harus menempuh jalan panjang dengan gelombang ini,” Dr. VK Paul, bagian dari panel pemerintah federal di COVID -19 manajemen, mengatakan pada konferensi pers.

“Untuk pertama kalinya, kami melihat bahwa daerah pedesaan terkena pandemi ini.”

Total infeksi di negara itu mencapai 26,3 juta, tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat, sementara jumlah kematian total negara itu mencapai 295.525. (M1-VOA/ah)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: