METRUM
Jelajah Komunitas

Dikecam, Reli Dakar Tetap Digelar di Arab Saudi

RELI Dakar dimulai Sabtu (2/1/2020) di Arab Saudi, seperti dilansir dari VOA. Ini kedua kali acara yang paling melelahkan di dunia dalam kalender olahraga motor itu diadakan di kerajaan itu di tengah tuduhan berkelanjutan bahwa Saudi menggelar acara olahraga itu untuk mengalihkan isu HAM.

Diluncurkan pada 1979 antara Paris dan ibu kota Senegal, Dakar, olahraga yang menguras ketahanan fisik itu beralih ke Arab Saudi untuk pertama kalinya tahun lalu setelah 10 tahun di Amerika Selatan. Peralihan itu memicu reaksi marah dari organisasi HAM.

Penyelenggara Reli Dakar, sebagaimana dilansir dari AFP, membela pilihan mereka atas Arab Saudi sebagai tuan rumah. Menurut mereka, sebagai bagian dari “visi 2030” untuk meningkatkan keterbukaan, baru-baru ini Saudi mengadakan pertandingan sepak bola dan tinju dan tahun ini akan mengadakan grand prix Formula Satu untuk pertama kali.

Reli Dakar akan dimulai dengan etape pembuka, Sabtu (2/1), sebelum 12 tahapan, dengan hari istirahat pada 9 Januari. Reli itu dimulai dan diakhiri di Jeddah. (M1-VOA/ka/pp)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: