METRUM
Jelajah Komunitas

EXPO D’Dakers SMK Nasional, Kembangkan Kreativitas Melalui Pameran Produk

SMK Nasional Bandung mengadakan sebuah acara yang bernama “Expo D’Dakers”, yang dilaksanakan pada Senin, 25 November 2019 di Kampus SMK Nasional, Jl. Sadang Serang No.17, Sekeloa, Kec. Coblong, Kota Bandung. Acara yang berlangsung satu hari itu menampilkan beberapa ekstrakulikuler yang diikuti oleh seluruh peserta didik di SMK Nasional Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk menampilkan kreativitas serta sebagai ajang unjuk bakat bagi peserta didik SMK Nasional Bandung.

Dalam acara ini, berlangsung kegiatan pameran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKdK) juga pameran produk dari setiap jurusan yang ada di SMK Nasional Bandung –Jurusan Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran–. Produk yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut mewakili produk dari setiap jurusan. Seperti jurusan multimedia yang menampilkan produk unggulan mereka di bidang fotografi, ilustrasi, serta video. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) memamerkan produk mereka berupa demo tempat sampah yang menggunakan sensor sampah yang bisa terbuka sendiri.

“Pembelajaran peserta didik di SMK tidak hanya terpaku pada pembelajaran yang bersifat kognitif, melainkan peserta didik diharapkan mampu mempunyai skill atau kemampuan untuk membuat dan memasarkan suatu produk, sehingga produk tersebut bisa diperjualbelikan,” ujar Ir. Dedy Hermady selaku Kepala SMK Nasional Bandung saat menyampaikan sambutannya di acara D’Dakers. Dalam hal ini, SMK Nasional Bandung mulai selangkah lebih maju dalam mengembangkan ide-ide serta kreativitas peserta didiknya.

Pameran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKdk) memamerkan berbagai jenis kuliner hasil olahan para peserta didik yang bersifat kekinian dan sangat bervariasi. Acara ini semakin meriah karena selain menampilkan pameran produk, acara D’Dakers juga menampilkan berbagai ekskul yang diikuti oleh peserta didik di SMK Nasional Bandung. Ekstrakulikuker yang ditampilkan adalah seni tari tradisional, seni tari kontemporer, seni musik akustik, dan seni musik angklung. Semua komponen dalam acara ini berpartisipasi dan mengikuti acara dengan sangat tertib. Selain itu kegiatan ini juga dimeriahkan oleh beberapa talent yang berasal dari SMP di Kota Bandung.

Pada kesempatan ini, juga hadir Hadi Suwastio Cokrodimejo Wakil Ketua Umum Bidang Riset Teknologi Terapan dan Data Potensi Usaha yang turut serta mengapresiasi kegiatan D’Dakers yang dilaksanakan SMK Nasional tersebut. Beliau menyatakan bahwa ke depannya SMK Nasional perlu mempunyai tempat usaha tersendiri atau Teaching Factory untuk mengembangkan kreativitas dan produk-produk yang dihasilkan oleh peserta didik di SMK Nasional Bandung.

Ketua pelaksana D’Dakers SMK Nasional, Yoki Tri Wibowo S.Kom mengemukakan bahwa “Kegiatan Expo D’Dakers ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kreativitas peserta didik, melalui kegiatan ini siswa dapat mengembangkan dan mengeluarkan bakat peserta didik, serta karena acara ini juga bertepatan dengan Hari Guru Nasional peserta didik juga belajar menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan khususnya di bidang pendidikan,” ujar Yoki.

Bertepatan dengan Hari Guru Nasional, para peserta didik mempersembahkan hadiah kepada para guru, salah satunya dengan memberi bunga dan persembahan puisi yang bertemakan “Guru”. Di penghujung acara, permainan “Bambu Gila” menyemarakkan acara dan membuat antusiasme seluruh pengunjung kian meningkat.

Tak mau kalah dengan muridnya, guru-guru di SMK Nasional pun sangat bersemangat dan berpartisipasi dengan menampilkan persembahan band mereka. Band yang dinamai “D’Honors Band” tersebut mengakhiri kegiatan D’Dakers SMK Nasional Bandung 2019. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: