METRUM
Jelajah Komunitas

Hari Jadi ke-1, BLB Melaksanakan Pemilihan Ketua

SAAT terjadi euforia bersepeda pada masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru Covid-19 tahun 2020, banyak bermunculan komunitas pegiat sepeda lipat, baik berdasarkan merk maupun kegemaran yang sama. Kehadirannya semakin menambah semarak komunitas pesepeda di Kota Bandung.

Setelah Champ Hozy Owner Indonesia (Choi) Bandung dan Bandung Ngaboseh Seli (BNS), satu lagi komunitas pesepeda lipat yang pada tahun 2021 ini memperingati hari jadinya yang pertama adalah Boseh Lipat Bandung (BLB), berdiri pada tanggal 1 Agustus 2020.

Flyer 1 Tahun BLB (Dok. BLB).*

Sejarah berdirinya berawal dari sebuah dinamika komunitas, saat itu Ferry Andriana yang akrab disapa kang Fey selaku pendiri salah satu komunitas seli yang telah lebih dulu hadir sudah merasa tidak seirama lagi dengan rekan-rekannya, kemudian ia memilih mengundurkan diri dan mendirikan komunitas seli baru bernama Boseh Lipat Bandung sekaligus diangkat langsung sebagai ketuanya.

Komunitas yang punya jargon “BLB, Boseh Braay” ini memiliki 77 angota, namun yang aktif sekitar 30 orang. Di awal berdiri, anggota BLB sempat berjumlah 160 orang, tapi kemudian menyusut seiring menurunnya euforia bersepeda.

Kegiatan bersepeda rutin dilakukan seminggu sekali diakhir pekan ke kota atau jalur-jalur terdekat. Sebulan sekali melakukan bersepeda jarambah ke berbagai trek sepeda dengan medan jalan yang lumayan menantang.

Bersepeda ke luar kota (Foto: Dok. Cuham).*

“Kekhasan yang utama dari kami usai kegiatan bersepeda harus selalu ada nasi liwet beserta lauk pauk, sambal dan lalabannya. Dimakan bersama secara lesehan penuh suka cita dan menepis rasa lelah setelah melakukan perjalanan bersepeda,” tutur Fey berapi-api.

Tak hanya bersepeda, BLB juga sesekali melakukan kegiatan bakti sosial atau amal bertajuk Boseh Berkah Jum’at dengan memberikan bantuan atau santunan kepada pondok pesantren, rumah yatim, dan kaum dhuafa. Selain itu, pada bulan ramadan lalu melakukan kegiatan berbagi tak’jil.

Pemilihan ketua baru

Kegiatan pemilihan ketua baru untuk periode masa bakti 2021 – 2022 dilaksanakan pada Minggu (15/8/2021), bersamaan dengan perhelatan syukuran hari jadi ke-1 di rumah salah satu anggota BLB di Cikande, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Diikuti sekitar 25 peserta, terdiri dari sesepuh, pendiri, pengurus, anggota dan perwakilan dari Forum Komunikasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya.

Kegiatan diawali dengan bersepeda bersama sepanjang kurang lebih 32 kilometer dari Kota Bandung, titik kumpul di SPBU Pal 3 Cibeureum, berjalan lurus menyusuri Jalan Amir Mahmud Kota Cimahi hingga Ngamprah – Batu jajar – Padalarang, lalu masuk ke Kota Baru Parahyangan sebagai jalan pintas menuju daerah Cikande.

Tiba di tempat finish di sebuah area lapangan adu ketangkasan domba, sambil beristirahat mereka melakukan foto bersama, berbincang-bincang, dan testimoni salah satu sponsor kegiatan yang kebetulan timnya hadir sebanyak 2 orang, mengikuti sejak dari Kota Bandung dengan menggunakan kendaraan diiringi mobil evakuasi yang ditumpangi seorang sesepuh BLB.

Gowes bareng (Foto: Dok. Cuham).*

Setelah cukup lama di tempat itu, mereka menuju rumah untuk persiapan pelaksanaan sholat dzuhur dilanjutkan acara syukuran, do’a dan makan bersama dengan menu nasi tumpeng beserta aneka ragam lauk pauknya. Beberapa saat kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pemilihan ketua.

Sebelum pemilihan, 3 kandidat calon ketua tampil untuk menyampaikan misi dan visinya, lalu penyampaian nasehat dari pendiri dan sesepuh, setelah itu dilakukan pemilihan dengan sistim mencoblos angka sesuai urutan kandidat calon ketua.

Akhirnya, pemilihan dan penghitungan suara usai dengan terpilihnya saudara Ery Santosa menjadi Ketua BLB masa bakti tahun 2021 – 2022. Semua nampak puas dan bahagia serta menerima dengan bulat keputusan tersebut.

Acara diakhiri serah terima jabatan sekaligus penyerahan berbagai dokumen atau atribut dengan simbolis bendera BLB kebanggaan, testimoni mantan ketua dan ketua baru terpilih, ucapan selamat, dan pembagian doorprize. Menjelang sore semuanya bubar dan kembali bersepeda menuju rumahnya masing-masing di Kota Bandung dengan wajah-wajah lelah tapi bahagia.

Ketua Terpilih Masa Bakti 2021-2022 (tengah) (Foto: Dok.BLB).*

Salam sehat, semangat, dan waspada. Selalu menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan. Bersepeda memang baik, menjaga diri lebih baik. Tetap bersepeda dengan bijak, tertib, dan beretika, karena bersepeda itu baik. (Cucu Hambali, Bersepeda Itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: