METRUM
Jelajah Komunitas

Jonas Motivasi Cecile Menangkan Etape III

EPERNAY, PRANCIS (METRUM) – Dorongan motivasi semangat menggebu sering meningkatkan Adrenalin untuk bisa mencapai hasil yang tak terduga yang susah dicapai pada kondisi normal.

Itulah yang dicapai atlet putri Denmark, Cecile Ludwig (tim FDJ-Suez/Prancis) bisa memenangi etape III Tour de France (TDF) putri finis di Epernay, Selasa (26/7/2022) wilayah penghasil minuman Champagne terkemuka Prancis.

Cecile (26) dengan semangat menggebu tampil seperti idolanya atlet putra senegaranya Jonas Vingegaard juara TdF 2022. Dia akhirnya menciptakan kejutan mengalahkan para pembalap unggulan.

Cecile melewati pemegang kaus kuning Marianne Vos (Jumbo Visma/Belanda) 100 meter dari finis di rute menanjak dan finis terdepan menyelesaikan rute 133,6 km (Reims –Epernay) dengan waktu 3 jam 22 menit 54 detik, Vos kedua tertinggal 2 detik diikuti Ashleigh Moolman (SD Worx/Afsel) ketiga + 5 detik.

Sedangkan unggulan teratas juara Giro d’Italia putri 2022, Annemiek Van Vleuten (Movistar/Belanda) finis kesepuluh + 20 detik.

Di klasemen setelah etape III, Marianne Vos (Jumbo Visma/Belanda) masih teratas dengan keunggulan 16 detik atas Silvia Persico (Valcar/Italia), posisi ketiga Katarzyna Niewiadoma (Canyon Sram/Polandia) + 16 detik. Sementara Cecile Ludwig pemenang etape III, klasemennya di urutan kesepuluh + 1 menit 48 detik.

“Ini merupakan comeback yang hebat setelah saya terjatuh bersama Marta Cavalli kapten tim FDJ –Suez, ditabrak atlet lain. Marta harus ke RS karena badannya dilindas sepeda pada kecapatan 60 km/jam. Marta amat diunggukan pada TdF putri 2022, tapi tidak bisa melanjutkan lomba. Kemenangan ini untuk Marta,” ujar Cecile.

Sukses Cecile merebut etape III ini tercapai berkat dorongan semangat ekstra setelah Jonas menjadi juara TdF 2022 di Paris, hari Minggu kemarin.

“Itu sangat berarti bagi kami warga Denmark. Saya sempat memberi ucapan selamat pada Jonas di tempat pembagian piala karena saya juga berlomba etape I TdF Putri di lokasi sama Avenue Champs Elysees. Dia memberi dorongan semangat, putri Denmark juga harus bisa bersaing ujarnya. Saya buktikan dengan memakai kaus juara nasional Denmark 2022 itu bisa dicapai,” jelas Cecile juara nasional Denmark 2022.

Peloton peserta Tour de France Putri 2022 melaju di etape III  Reims –Epernay 133,6 km Selasa (26/7/2022) wilayah penghasil Champagne terkemuka Prancis Timur (Foto: Dario Belingheri/Getty Images).*

Pada etape III, lomba berjalan pada tempo cukup cepat, dengan upaya break away beberapa kali. Terakhir upaya break away yang cukup berbahaya terjadi 15 km terakhir di rute menanjak, Ashleigh Moolman, Silvia Persico, Van Vleutten, Mavi Garcia (MoviStar) dan Elisa Longo Borghini (Trek) lolos.

Namun pengejaran dilakukan tim Jumbo Visma dimotori pemegang kaus kuning Marianne Vos dan tim FDJ oleh Cecile Ludwigh. Pengejaran berhasil menangkap grup breaker ini 7 km terakhir, menuju finis yang rutenya juga menanjak.

Unggulan teratas TdF 2022, juara Olimpiade Tokyo nomor ITT yang juga juara Giro d’Italia Putri 2022, Annemiek Van Vleuten (MoviStar) di etape III ini mengalami sakit perut sehingga kondisinya drop dan tidak bisa bersaing. Posisinya di klasemen umum kesembilan + 1 menit 14 detik. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: