METRUM
Jelajah Komunitas

Jonas Vingegaard Dominan Juarai Criterium Dauphine 2023

GRENOBLES, PRANCIS (METRUM) – Jonas Vingegaard (26) asal Denmark andalan tim Jumbo Visma menunjukan kondisinya siap tempur menghadapi grand tour paling bergengsi Tour de France (TdF) 2023 – awal Juli — dengan tampil dominan menjuarai lomba pemanasan TdF, Criterium Dauphine edisi ke-75/2023 yang berakhir di Grenobles Alpes Metropole, Prancis pada Minggu (11/6/2023).

Sebagai juara bertahan TdF 2022, Jonas menggunakan Criterium Dauphine yang dijuluki “mini Tour de France” untuk melihat kesiapanya bersaing dengan para pembalap tangguh lainnya pada TdF nanti.

Jonas Vingegaard menjadi juara Criterium Dauphine 2023 dengan memenangi 2 etape rute tanjakan melalui solo break yaitu etape V dan VII, dan menguasai kaus kuning pimpinan umum sejak solo break di etape V.

Pada etape VIII, terakhir menempuh rute tanjakan berat pegunungan Alpen melintasi 6 puncak pendakian kategori 2,1 dan hors, dari Le Pont-de-Claix ke Grenobles Alpes Metropole 152,8 km. Jonas didukung tim Jumbo Visma mampu mengontrol semua pesaing utamanya di klasemen yaitu Adam Yates (UAE team Emirates), Ben O’Connor (AG2R Citroen) dan Jai Hindley (Bora Hansgrove).

Profile rute etape VIII, Minggu (11/6/2023).*

Tampil sebagai pemenang pada etape VIII (terakhir), Giulio Ciccone (Trek Segafredo/Italia) yang tidak dikejar ketika melakukan break away karena tak membahayakan klasemen. Ciccone mencapai finis sendirian dengan waktu 4 jam 6 menit 4 detik. Sementara pada persaingan para unggulan, pimpinan klasemen, Jonas Vingegaard tetap tambil solid menimggalkan para pesaing terdekatnya, andalan tim Jumbo Visma ini finis kedua terpaut 23 detik di belakang Ciccone, ketiga Adam Yates (UAE Team Emirates) + 33 detik.

Pada jumpa pers usai finis etape VIII, Jonas Vingegaard yang menjadi juara umum mengtakan kondisinya berada dalam kondisi fit dan siap untuk mempertahankan gelar juara pada TdF 2023 bersaing dengan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates/Slovenia) juara TdF 2 kali (2000, 2021) yang baru pulih dari cedera patah tulang pergelangan tangan.

“Secara umum kondisi fisik dan mental saya siap untuk bersaing pada TdF 2023 yang akan dimulai 1 Juli mendatang. Dukungan tim Jumbo Visma juga kompak dan tim akan menurunkan anggota tm yang paling siap dan sesuai kebutuhan untuk TdF,” ujar Jonas.

Klasemen akhir Criterium Dauphine 2023:

  1. Jonas Vingegaard (Jumbo Visma/Denmark) 29 jam 28 menit 39 detik
  2. Adam Yates (UAE Team Emirates/Inggris) + 2 menit 23 detik
  3. Ben O’Connor (AG2R Citroen/Australia) + 2 menit 56 detik
  4. Jai Hindley (Bora Hansgrove/Australia) + 3 menit 16 detik
  5. Jack Haig (Bahrain Victorious/Australia) + 3 menit 47 detik. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.