METRUM
Jelajah Komunitas

Jonas Vingegard Juara Tour de France Singapore Criterium 2022

SINGAPURA (METRUM) – Di Singapura tidak ada gunung dan tanjakan yang menantang sebagai keunggulan Jonas Vingegaard (25), namun jago tanjakan asal Denmark dari tim Jumbo Visma menjaga reputasinya sebagai juara balap sepeda grand tour Tour de France (TdF) 2022 dengan menjuarai lomba eksebisi Tour de France Prudential Singapore Criterium yang berlangsung di sirkuit jalanan Formula 1 Singapura, Marina Bay, Minggu (30/10/2022) mengalahkan 43 pembalap lainnya.

Pemegang kaus kuning TdF ini melakukan serangan solo break 1,5 km terakhir dari grup kecil lima pembalap dan tak terkejar hingga finis mengalahkan dua atlet terkemuka juara 4 kali TdF Chris Froome (Israel Premier Tech/Inggris) di urutan kedua dan juara TdF 2014 Vincenzo Nibali (Astana/Italia) yang akan pensiun 2023, di urutan ke tiga.

Dua posisi berikutnya ditempati Enric Mas (Movistar/Spanyol) ditempat keempat dan Simon Geschke (Cofidis/Jerman) runner up “king of mountain” (kaus polda dot) di urutan kelima.

Peloton yang tetinggal 30 detik menyusul finis dipimpin Mark Cavendish (Quick Step/Inggris) sprinter veteran pemenang 34 etape TdF. Kecepatan lomba juga cukup cepat mencapai rata-rata 44 km/jam, lomba menempuh 20 lap, setiap lap 3,2 km.

“Saya gembira bisa memenangi TDF Singapore Criterium dengan memakai kaus kuning juara TdF 2022, hasil yang mengesankan tentunya, kaus kuning ini tetap terdepan di TdF juli lalu dan di akhir musim di TdF Singapore Criterium,” ungkap Jonas Vingegaard.

Lomba eksebisi Tdf Singapore Criterium 2022 digelar ASO selaku panpel TdF bekerja sama dengan Singapore Tourism Promotion Board. Ini pertama kalinya TdF Criterium yang ditujukan mempromosikan balap sepeda di kawasakan Asia Tenggara digelar di Singapura.

Selain diikuti pewakilan pembalap berbagai tim peserta TdF juga diikuti atlet lokal setempat di antaranya Timnas Singapura dan dua atlet tim pro divisi 3 Malaysia, Terengganu Polygon Team, salah satunya sprinter terkemuka Malaysia Mohd Harrif Saleh.

Setelah Tdf Singapore Criterium, para pembalap TdF menuju ke Jepang untuk mengikuti kegiatan yang sama TdF Saitama Criterium 2022 pada Minggu (6/11/2022). (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: