METRUM
Jelajah Komunitas

Kolaborasi dan Sinergisitas KPU-Pers Penting dalam Transparansi Tahapan Pilkada Serentak 2024

KOTA BANDUNG (METRUM) – Sinergisitas dan Kolaborasi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pers sangat penting dalam tranparansi seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 yang akan digelar 27 November 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Bandung, Wenti Prihadianti saat membuka Media Gathering KPU Kota Bandung dengan Media Massa di Hotel El Royale pada Senin, 3 Juni 2024.

“Tanpa adanya peranan media, informasi terkait kepemiluan Pilkada tidak akan tersampaikan ke masyarakat,” kata Wenti.

Menurutnya, pers merupakan salah satu pilar demokrasi. Tanpa rekan jurnalis semua proses dan tahapan demokrasi tidak dapat berjalan dengan baik.

Ia berharap etika jurnalistik dapat terus diterapkan terutama dalam melakukan “check and recheck” terhadap suatu isu pemberitaan. Wenti juga  mendorong keseimbangan informasi terhadap upaya KPU dalam pelaksanaan Pilkada.

Pada pelaksanaan Pemilu, kata dia, masih banyak terdapat tantangan di tengah media massa dan masyarakat. Di antaranya indepedensi media, misinformasi, disinformasi, dan terbatasnya sumberdaya pengelolaan informasi pada media. Oleh karena itu, KPU terus menjalin silaturahmi dengan awak media.

“Kolaborasi dengan media ini sangat membantu sekali untuk kami dan sebagai transparansi dari setiap tahapan Pemilu ataupun Pilkada,” tuturnya.

Di luar itu, Wenti mengatakan, dalam waktu dekat KPU akan meluncurkan maskot dan jingle Pilkada Kota Bandung. Rencananya, peluncuran tersebut akan dilaksanakan di Plaza Balai Kota Bandung. (M1-rob)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.