METRUM
Jelajah Komunitas

Kreativitas Mahasiswa Fasilkom UBJ Mengintegrasikan Wisata GeoPark Bayah Dome Melalui Aplikasi SITAMAN BUMI

KABUPATEN LEBAK (METRUM) – Perguruan Tinggi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Fakultas Ilmu Komputer melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan solialisasi dalam rangkaian acara “Penerimaan Mahasiswa KKN Fakultas Ilmu Komputer” mulai Senin hingga Sabtu (22-27 Januari 2024) di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Kegiatan yang bertemakan “Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Pariwisata Berbasis Aplikasi Mobile dan Pemanfaatan Teknologi Informasi di Desa Sawarna, Bayah-Lebak-Banten” secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. Dra. Tyastuti Sri Lestari, M.M pada Senin (22/1/2024) sore di Kantor Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

Kegiatan KKN dan Sosialisasi yang memiliki subtema “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk Cinderamata pada UMKM Melalui Aplikasi SITAMAN BUMI Terintegrasi BATOUR” akan berlangsung selama 6 hari dan berupaya meningkatkan ekonomi di bidang UMKM Pariwisata khususnya pada produk cinderamata serta menyelesaikan permasalahan yang dialami penjual secara langsung.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Dr. Dra. Tyastuti Sri Lestari, M.M beserta Kepala Desa Sawarna, Iwa Sungkawa saat membuka acara Penerimaan Mahasiswa KKN secara resmi pada Senin (22/1/2024) di Kantor Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Banten. (Foto: Dok. Panitia).*

Salah satu Program kegiatan sosialisasi dalam subtema “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk Cinderamata pada UMKM Melalui Aplikasi SITAMAN BUMI Terintegrasi BATOUR” adalah edukasi pada aplikasi SITAMAN BUMI yang diikuti oleh 20 orang, khusunya ibu-ibu PKK, UMKM, dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) pada hari Selasa (23/1/2024) dilaksanakan di Homestay Java Beach, Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

KKN ini difokuskan pada pemahaman terhadap strategi pemasaran produk cinderamata dan kondisi terkini dari aktivitas pemrosesan, pengelolaan, serta penjualan yang dilakukan oleh para Ibu-Ibu PKK Desa Sawarna.

Dalam kegiatan KKN dengan subtema sosial ekonomi tentang pemanfaatan media sosial dalam pemasaran digital, Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. H. Tri Ginanjar Laksana S.Kom., M.Kom. M.CS, menyatakan bahwa kegiatan tersebut didasarkan pada pemahaman akan kearifan lokal dan potensi yang ada di Desa Sawarna.

Tujuan utamanya adalah meningkatkan keterampilan melalui edukasi mengenai strategi pemasaran digital, dengan menggunakan aplikasi SITAMAN BUMI. Pendekatan ini diarahkan untuk mendukung peningkatan penjualan produk olahan yang diproduksi oleh para Ibu-Ibu PKK di Desa Sawarna, khususnya dalam konteks promosi dan penjualan produk cinderamata.

Menurut Ginanjar, KKN ini berfokus pada eksploitasi Digital Social Media Marketing (DSMM) atau pemanfaatan jaringan media sosial sebagai strategi pemasaran digital. Dalam hal ini, DSMM melibatkan penggunaan platform media sosial dan aplikasi untuk meningkatkan pemasaran dan promosi produk serta jasa suatu organisasi. Pendekatan ini dapat dilakukan baik melalui metode berbayar maupun tidak berbayar.

“Pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran mempunyai pengaruh yang besar dalam meningkatkan omzet penjualan dan promosi. Oleh karena itu,  bagaimana meningkatkan pemasaran dan promosi produk cinderamata yang dilakukan oleh masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK Desa Sawarna yang saat ini masih bersifat konvensional,” tutur Ginanjar, Dosen Prodi Informatika di Fakultas Ilmu Komputer, Ubhara Jaya.

Ginanjar menambahkan bahwa untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan kerjasama dan diskusi antara para pengambil kebijakan, masyarakat, dan akademisi. Menurutnya, banyak produk cinderamata hasil olahan dari Ibu-Ibu PKK yang masih belum terjual, sehingga mengakibatkan penumpukan dan menghadirkan kerugian pada produk cinderamata.

“Dalam upaya pemberdayaan, pihak-pihak yang terlibat perlu mendorong masyarakat untuk meningkatkan keterampilan dalam strategi pemasaran, terutama melalui pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran digital. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kreativitas masyarakat dalam memasarkan dan mempromosikan produk, sehingga dapat meningkatkan penjualan cinderamata,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan KKN, tim dosen dan mahasiswa Fasilkom Ubhara Jaya melakukan tahap persiapan mulai dari perizinan hingga menyiapkan materi serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Pada tahap pelaksanaan edukasi tentang digital marketing (pemasaran dan promosi) melalui aplikasi SITAMAN BUMI untuj meningkatkan penjualan produk cinderamata dalam bisnis di era revolusi 4.0.

Pada Selasa (23/1/2024), pukul 10.00 WIB acara dimulai dengan pengisian presensi dan biodata peserta, kemudian sambutan dari dosen pembimbing lapangan dan dilanjutkan pengisian pretest untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal Ibu-ibu PKK dan pelaku UMKM terkait promosi dalam mem-branding produk cinderamata dengan memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produk. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.