METRUM
Jelajah Komunitas

Lavreysen Rebut Emas Sprint, Tuan Rumah Tak Mampu Bersaing

Tissot UCI Track Nations Cup 2023

JAKARTA (METRUM) – Pada hari terakhir kejuaraan balap sepeda track, Tissot UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta Internasional Velodrome pada Minggu malam (26/2/2023) empat nomor final terakhir digelar.

Empat medali emas dibagi rata oleh empat negara yaitu Belanda, Jerman, Jepang dan Selandia Baru. Sementara tuan rumah Indonesia, PB ISSI gagal memenuhi ambisinya untuk bisa bersaing di arena tingkat dunia balap sepeda track karena terlalu jauh perbedaan kemampuan atlet (putra/putri) dan rangkingnya.

Tiga peraih medali nomor Keirin Putri, tengah Mina Sato (Jepang) emas, kiri Mathilde Gros (Prancis) perak, kanan Fuko Unekawa (Jepang) Perunggu. (Foto: Martin Zulfitra).*

Kondisi ini menjadi tantangan bagi pembinaan PB ISSI yang tidak konsisten dan terkesan dadakan menghadapi event Track Nations Cup ini ditambah lomba track yang amat jarang digelar baik di tingkat lokal, nasional bahkan di tingkat ASEAN.

Sudah dua kali pelaksanaan SEA Games tidak ada nomor track, yaitu di SEA Games Filipina 2019 dan SEA Games Vietnam 2021. Demikian juga pada SEA Games 2023 di Kamboja nomor sepeda track pun ditiadakan karena minim peserta dan sarana velodrome tidak dimiliki. Maka semakin sulit atlet sepeda kita bersaing di Asia apalagi tingkat dunia.

Peraih emas nomor Sprint Putra, juara dunia sprint 2022 Harrie Lavreysen (Belanda) berfoto dengan Martin Zulfitra (PBS. Sangkuriang, Bandung) bertugas juri pada Tissot UCI Track Nations Cup. (Foto: Martin Zulfitra).*

Harapan yang tertumpu pada andalan atlet putri Ayustina Priatna asal Bandung yang di tingkat Asia Tenggara amat disegani, gagal tak bisa menjawab tantangan yang dihadapi untuk bisa memberi perlawanan di nomor Omnium Putri. Ayu (sapaan akrab Ayusina) harus puas di urutan ke-20 dengan raihan 20 poin dari 21 peserta.

Pada nomor Omnium Putri tampil sebagai peraih emas Ally Wollaston (Selandia Baru) dengan raihan 158 poin, perak direbut Clara Copponi (Prancis) 139 poin dan perunggu oleh Neah Evans (Inggris) 124 poin.

Di nomor Keirin Putri, pembalap putri Jepang Mina Sato tampil gemilang merebut emas, membuktikan atlet sepeda Asia mampu bersaing di tingkat dunia, ini merupakan medali emas kedua Jepang di Tissot UCI Nations Cup 2023, emas Jepang pertama diraih atlet putra Eiya Hashimoto di nomor Elimination Race Putra. Medali perak Keirin Putri oleh Mathilde Gros (Prancis) dan perunggu menjadi milik atlet putri Jepang lainnya Fuko Unekawa.

Tim Jerman peraih Emas Madison Putra, Roger Kluge dan Theo Reinhard. (Foto: Martin Zulfitra).*

Hasil lainnya di hari terakhir Tissot UCI Track Nations Cup 2023:

Madison Putra

  1. Emas, tim Jerman
  2. Perak, tim Belanda
  3. Perunggu, tim Selandia Baru

Sprint Putra

  1. Emas, Harrie Lavreysen (Belanda)
  2. Perak, Kaiya Oza (Jepang)
  3. Perunggu, Mikhael Yakolev (Israel). (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: