METRUM
Jelajah Komunitas

Logo Forum Komunikasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya Resmi Diluncurkan

FORUM Komunikasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya merupakan wadah atau media komunikasi dan informasi pegiat sepeda dari beragam genre dan komunitas pesepeda di wilayah Bandung Raya yang mencakup Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi.

Forum yang mempunyai jargon “Membangun Budaya Gerakan Bersepeda ini” berdiri pada 29 Nopember 2019 pada acara “Seminar Membangun Budaya Gerakan Bersepeda”. Mendapat dukungan banyak pihak yaitu Dinas Perhubungan Kota Bandung, Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Portal Sepeda, dan Metrum Radio.

Komunitas pesepeda yang sudah tergabung hingga saat ini mencapai 240 komunitas, mulai dari komunitas gerakan, hobi, rekreasi, olah raga, hingga prestasi. Forum ini tanpa ada struktur kepengurusan hanya berdasarkan kolektif kolegial beberapa pengelolanya dalam berkegiatan yang dilakukan dengan membangun semangat berkolaborasi.

Pertemuan forkom (Foto: Dok. Cuham).*

Sekretariat forum berlokasi di ruang komunitas Portal Sepeda di Jalan Pelajar Pejuang 45 No.43 Kota Bandung. Pertemuan rutin biasanya dilangsungkan pada setiap Sabtu.

Inilah beberapa kegiatan yang dilaksanakan sepanjang Tahun 2020 hingga sekarang:

  • Talk show “Republik Boseh” di Metrum Radio, setia Sabtu sore, seminggu sekali.
  • Edukasi Tertib Bersepeda dan Protokol Kesehatan serta keselamatan gerakan Sikasep Terlalu, setiap Minggu pagi,
  • Peserta Seminar Gerakan Bersepeda dan sosisalisasi Permenhub No.59/2020 oleh Dishub Kota Bandung pada Rabu 18/11/2020.
  • Peserta Pembukaan Rumah Sepeda Indonesia #Bandung oleh Bike to Work Indonesia pada Minggu 29/11/2020.
  • Surveior program Kajian Survei Lajur Sepeda oleh Dishub Kota Bandung dan Bike to Work Indonesia  sepanjang bulan Nopember 2020.
  • Peserta Focus Group Discussion (FGD) Lajur Sepeda oleh Dishub Kota Bandung yang dilaksanakan pada Kamis 5/12/2020.
  • Liputan Komunitas Pesepeda setiap hari Sabtu di Portal Sepeda.
  • Kampanye digital dan visual Bandung Tertib Bersepeda “Spirit Membangun Budaya Tertib Bersepeda di Bandung Raya” Januari hingga Februari 2021.
  • Audiensi dengan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Jum’at (5/2/2021).
  • Serial Diskusi Kampanye Pesepeda Tertib Lalu Lintas (Serius Kasep Terlalu) pad Kamis, 11/2/2021.
  • Kampanye/Sosialisasi/Edukasi “Bandung Tertib Bersepeda” pada Minggu 21/2/2021.
(Foto: Dok. Cuham).*

Saat ini forkom tengah menyusun rencana-rencana kegiatan yang akan dilaksanakan ke depan seperti anjuran dari wakil walikota agar mengadakan kegiatan mingguan yaitu diskusi ringan dan coaching clinic.  

Audiensi dengan Wakil Walikota Bandung (Foto: Dok. Cuham).*
Kegiatan webinar Serius Kasep Terlalu (Foto: Dok. Cuham).*

Peluncuran Logo Resmi

Setelah berjalan setahun lebih, atas masukan beberapa anggota forum dari hasil beberapa kali diskusi logo Forum Komunikasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya dibuat dan diluncurkan saat kegiatan webinar Serial Diskusi Kampanye Pesepeda Tertib Lalu Lintas (Serius Kasep Terlalu) beberapa waktu yang lalu.

Logo Forum Komunikasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya,*

Logo ini didesain oleh Yudiana dari komunitas pesepeda Bandung Lipat Kuning (Balikin) dengan keterangan/Makna logonya sebagai berikut:

  1. Bentuk dasar seperti wadah atau tempat.
  2. Lambang Gedung Sate menggambarkan keberadaannya berada di wilayah provinsi Jawa Barat (tatar Sunda).
  3. Garis warna biru, hijau, dan kuning  merupakan ikon warna khas Bandung, bermakna sebagai pusat kegiatan.
  4. Bentuk Air dan Gunung mencerminkan lambang Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi, bermakna bahwa forum ini meragkul pegiat sepeda se Bandung Raya.  
  5. Gambar rantai merupakan salah satu unsur sepeda sebagai lambang persatuan dan kesatuan meski berbeda-beda genre (Bhineka Tunggal Ika).

Forkom ini merupakan penyemperpunaan dari forkom-forkom yang dibentuk beberapa tahun sebelumnya sejak tahun 2011, dan selalu terbentuk saat ada momentum kegiatan bersepeda berskala besar. Seiring tahun berganti, forkom tersebut mengalami kevakuman, tapi database komunitas pesepedanya tetap ada dan dimanfaatkan banyak pihak untuk dijadikan acuan dalam penyelenggaraan kegiatan bersepeda hingga sekarang. Berikut riwayatnya:

  • Tahun 2011 saat momentum kegiatan <350 Moving Planet oleh Greeners.co bertajuk Indonesia On Bike Campaign.
  • Tahun 2013 saat momentum rencana kegiatan Bandung Urban Bike,  meskipun kegiatannya batal dilaksanakan tapi forum sudah terbentuk.
  • Tahun 2017 saat kegiatan Bandung Pedal Power Momentum.

Bagi komunitas-komunitas pesepeda se-Bandung Raya yang berkenan  gabung silahkan dapat menghubungi Cuham 0817-0674-6113, Kang Askur 0812-2345-1420 atau mampir saja setiap hari Sabtu ke kesekretariat forkom di ruang komunitas Portal Sepeda.

Sekretariat Forkom (Foto: Dok. Cuham).*

Mari bersama membangun budaya gerakan bersepeda. Salam bersepeda bijak, tertib, dan beretika. Tetap Semangat, sehat, dan waspada. Semoga pandemi segera berakhir. Salam boseh dan go green! (Cucu Hambali, Bersepeda Itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: