METRUM
Jelajah Komunitas

MotoGP Jepang 2022: Miller Raih Sukses Pertama, Marquez Bangkit Finis Keempat

MOTEGI, JEPANG (METRUM) – Kejutan diraih Jack Miller pembalap Australia dari tim pabrikan Ducati Lenovo meraih kemenangan pertama musim ini memenangi seri XVI MotoGP Jepang 2022 di sirkuit Twin Ring Motegi pada Minggu (25/9/2022).

MotoGP Jepang juga diwarnai drama rekan setimnya Miller, runner up klasemen Francesco “Pecco” Bagnaia (Ducati Lenove/Italia) melakukan “blunder” terjatuh di tikungan lap terakhir ketika memaksakan menyalip pimpinan klasemen Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha/Prancis) untuk perebutan posisi kedelapan.

Akibatnya “Pecco” tak finis sehingga perburuan gelar juara dunia MotoGP 2022 menjadi semakin seru karena pesaing juara dunia lainnya rangking ketiga klasemen Aleix Espargaro (Aprilia Racing/Spanyol) mengalami kendala teknis sewaktu akan start hingga harus ganti motor, akhirnya Espargaro juga terpuruk finis urutan ke-16 tanpa poin.

Dengan demikian hingga seri XVI MotoGP Jepang, Quartarao mendapat tambahan 8 poin dengan finis kedelapan memimpin klasemen dengan 219 poin, keunggulanya naik dari semula 10 poin kini unggul 18 poin atas Pecco Bagnaia (Ducati Lenovo) terpaku dengan 201 poin, ketiga Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 194, keempat Enea Bastianini (Gresini Racing Ducati) 170 dan kelima Jack Miller (Duacti Lenovo) 159.

Lomba MotoGP Jepang 2022 digelar setelah dua tahun (2020, 2021) terhenti akibat pandemi Covid-19. Cuaca cerah saat lomba amat kontras dengan cuaca buruk hujan pada kualifikasi penentuan grid yang berlangsung Sabtu (24/9/2022).

Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) rain master yang comeback setelah istirahat 110 hari pemulihan paska operasi lengan kanan yang keempat kalinya, tampil prima merebut pole position pada kualifikasi kondisi hujan. Sedangkan Jack Miller (Ducati Lenovo) start dari grid ke-7, dan pimpinan klasemen Quartararo grid ke-8 dan Pecco Bagnaia di grid ke-12.

Marc Marquez (Repsol Honda) usai merebut “pole position” kualifikasi MotoGP Jepang 2022 di sikuit Twin Ring Motegi, Sabtu (24/9/2022) pada kondisi hujan. (Foto: Michelin Motor Sport).*

Selepas start, Marques yang start dari posisi pole tak bisa mempertahankan posisinya karena kondisi motor Honda RC213V yang belum kompetitif. Jack Miller di lap kesatu sudah langsung berhasil berada terdepan setelah melewati beberapa pemegang grid yang lebih depan, selain Marquez yang dilewati Miller adalah Johann Zarco (Pramac Ducati), Brad Binder (Red Bull KTM), Maverick Vinalles (Aprilia Racing) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM).

Jack Miller (Ducati Lenovo/Australia) akhirnya tak tersaingi menyelesaikan lomba 24 lap di sirkuit Twin Ring Motegi terdepan, sekaligus kemenangan yang pertama musim ini bagi Miller. Kedua Brad Binder (Red Bull KTM/Afsel) + 3,409 detik, ketiga Jorge Martin (Pramac Ducati Spanyol) +4,136 detik dan kempat Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) + 7,884 detik.

“Saya gagal finis akibat terlalu bernafsu untuk melewati Quartararo di tikungan dari bagian dalam, akibatnya saya harus membayar mahal kesalahan fatal ini. Masih ada empat seri lagi Thailand, Australia, Malaysia dan Valencia.  Saya akan berupaya keras menyusul defisit 18 angka dari Quartarao. Perburuan gelar belum usai,” ungkap Pecco Bagnaia.

Marquez Bangkit

Setelah gagal menyelesaikan lomba pada seri XV MotoGP Aragon akibat ditabrak 2 kali oleh Quartararo kemudian Takaaki Nakaga, pada penampilan perdana usai istirahat lama pemulihan operasi. Marquez akhirnya bisa tampil penuh finis keempat pada sei XVI MotoGP Jepang, bahkan meraih pole position pada kualifikasi.

“Saya cukup puas pada kondisi fisik bisa menyelesaikan lomba di posisi keempat dan start daripole.Kondisi lengan masih terasa kelelahan tapi ini normal kaena baru mulai berlomba lagi pada persaingan yang amat ketat dan motor yang belum sesuai harapan. Tapi ini awal yang baik semoga bisa semakin membaik pada lomba berikutnya di empat seri terakhir 2022,” ungkap Marquez.

Selepas start lomba MotoGP Jepang 2022 di sirkuit Twin Ring Motegi Minggu (25/9/2022). (Foto: Michelin Motor Sport).*

“Mengikuti sisa lomba musim ini utamanya untuk pemulihan kondisi fisik dan membiasakan pada irama lomba serta persiapan musim 2023 dan tak kalah penting terus mengembangkan Honda RC213V agar bisa kompetitif musim depan. Saya tidak mengejar kemenangan sisa musim ini, tapi mengevaluasi kekuatan lawan  lawan dan cara mengatasinya,” tutur juara dunia 8 kali ini.

Berikutnya seri XVII MotoGP Thailand 2022 di sirkuit Buriram akhir pekan ini, Minggu (2/10/2022). (M1-BK)*** 

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: