METRUM
Jelajah Komunitas

PUMA, Pionir Komunitas Pesepeda di Purwakarta

KABUPATEN Purwakarta tidak mau ketinggalan dalam soal maraknya masyarakat gemar bersepeda. Di daerah ini aktivitas masyarakat dalam bersepeda kian meningkat. Mulai dari adanya area car free day (CFD), hingga tersedianya trek-trek sepeda yang tak kalah asyik dan menantang terutama bagi pegiat sepeda MTB (Mountain Bike).

Meski masih didominasi sepeda genre MTB, komunitas pesepeda juga mulai marak di daerah berpenduduk kurang lebih 1 juta jiwa ini. Sekitar 50 komunitas sepeda hadir dan tersebar hampir di semua wilayah kabupaten. Meskipun tidak sebanyak pengguna mtb, para pegiat sepeda jenis lain, seperti pegiat sepeda lipat, low rider, dan race pun juga ada.

Upacara Bendera Hari Kemerdekaan Ala pesepeda se Purwakarta (Dok. PUMA).*

Salah-satu komunitas sepeda yang meramaikan daerah yang terkenal dengan kue simping ini adalah Purwakarta Mountain Bike Adventure (PUMA). Komunitas ini terbentuk awal tahun 2013 di Purwakarta kota. PUMA merupakan komunitas paling eksis, terbesar dan menjadi pionir di Purwakarta. Eksistensinya dapat dilihat melalui aktivitas komunitas dan kegiatan-kegiatan bersepeda yang dilaksanakan, sehingga namanya cukup dikenal di publik pesepeda se-Jawa Barat. Komunitas PUMA diketuai Sigit Hadmono yang juga menjadi salah satu pendirinya.

Puma, hari Peduli Sampah Nasional 2016. (Dok. PUMA).*

Saat ini, anggota aktifnya berjumlah 30 orang. Meski didominasi bapak-bapak, tapi di dalamnya juga ada para ibu, kaum muda dan anak remaja. Konsentrasi komunitas PUMA lebih cenderung pada trek-trek adventure, bersepeda loop atau seharian. Ada juga yang gemar bersepeda dan berkemah (bike camp). Selain itu, beberapa personil juga disiapkan khusus untuk kegiatan MTB race.

HUT ke 2 Puma Purwakarta. (Dok. PUMA).*

“Tujuan dibentuknya komunitas ini, kita ingin menggiatkan aktivitas bersepeda dan ingin mewadahi para pegiat sepeda di wilayah Purwakarta sebagai upaya menjalin silaturahmi dan agar bisa gowes bersama tentunya. Walaupun akhirnya di perjalanan mengalami dinamika berkomunitas karena angotanya heteregon. Belakangan kita mulai sedikit kendor gowes bersamanya,” tutur Isa Junaedi, yang akrab dipanggil Om Isa J-Mtbers, salah satu pendiri PUMA.

Agenda Kegiatan PUMA

Menginjak usia komunitas yang ke-7, kegiatan bersepeda PUMA tak sebanyak dulu pada saat tahun-tahun awal berdirinya. Tapi eksistensinya sampai sekarang masih terlihat. Hal seperti ini memang lumrah terjadi pada setiap komunitas yang sudah lama berdiri dan punya nama besar. Entah karena kesibukan masing-masing anggotanya, mulai dilanda kejenuhan atau memang terimbas dinamika di dalam komunitas.

Puma, gobar hari pahlawan 2019. (Dok. PUMA).*

Agenda kegiatan rutin PUMA di setiap akhir pekan biasanya gowes bareng ke daerah Situ Cigangsa, salah satu trek pavorit pegiat sepeda Purwakarta yang juga dijadikan base camp tempat berkumpulnya komunitas ini untuk berbagi informasi dan membicarakan rencana kegiatan. Selain Situ Cigangsa, kadang juga menjajal trek lain seperti Maniis, Jatiluhur, Kilometer 88 atau Wanayasa.

PUMA juga secara periodik bersepeda bareng ke daerah lain, seperti menjajal trek-trek di Kota Bandung, Kab. Bandung, Cianjur, Bogor, Kerawang, Pangandaran dan Subang. Teknisnya, ada yang diboseh langsung dari Purwakarta hingga tujuan, tapi ada juga yang di-loading sampai dekat tempat tujuan sebelum mereka menjajal trek-treknya.

Kegiatan besar rutin tahunan yang dilaksanakan adalah kegiatan PUMA XC Anniversary dan Gobar Hari Pahlawan yang melibatkan seluruh personil PUMA dan simpatisan dengan mengundang komunitas sepeda dari berbagai wilayah di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Bahkan, beberapa kali diikuti oleh pesepeda dari provinsi lainnya dan dari luar negeri.

Puma , tour de Puncak bogor 2016. (Dok. PUMA).*

Kegiatan lain yang diselenggarakan seperti upacara bendera Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus yang biasanya hanya mengundang komunitas pesepeda se-Kabupaten Purwakarta. Kegiatan insidental lainnya, pernah juga melaksanakan bersepeda dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional dan Jambore Sepeda Nusantara.

Puma menjadi barometernya komunitas pesepeda di Purwakarta. Tidak salah apabila beberapa kegiatan bersepeda yang diselenggarakan oleh pihak lain, Komunitas Puma yang kerap ditunjuk sebagai pelaksana di lapangan. Tak hanya itu, apapun kegiatan bersepeda yang dilakukan PUMA selalu mendapat sponsor dandukungan dari berbagai pihak, diantaranya adalah Sena Nelsen Ruslie, pengusaha toko sepeda sekaligus Ketua ISSI Kabupaten Purwakarta.

Lebih jauh, menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, setiap kegiatan bersepeda yang dilaksanakan Komunitas Puma selalu disisipi pesan-pesan dan aksi-aksi lingkungan, seperti kampanye jangan buang sampah sembarangan dan gerakan pungut sampah di lokasi kegiatan.

Puma, Jambore Sepeda Nusantara Kab. Purwakarta. (Dok. PUMA).*

Semoga saja semangat bersepeda Komunitas PUMA tetap terjaga dan menjadi komunitas yang selalu hadir mewarnai persepedahan di Jawa Barat, khususnya wilayah “Purwakarta Istimewa”. (Cuham, Bersepeda Itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: