METRUM
Jelajah Komunitas

Radio Garden, Solusi Mudah Mendengarkan Radio dari Seluruh Dunia

INGIN mendengarkan siaran radio dari seluruh dunia dengan mudah? Layanan online Radio Garden solusinya. Sistem kerjanya mirip radio digital lain. Namun Radio Garden memakai peta dunia sebagai tempat mencari titik pancaran radio.

Dikutip dari Guardian, Radio Garden adalah website interaktif yang menampilkan ribuan stasiun radio dari banyak negara. Memakai tampilan seperti peta Google Earth, ada banyak lingkaran kecil berwarna hijau menyala (spotlight) yang merepresentasikan masing-masing stasiun radio.

Jika pengakses menekan titik hijau itu dengan mouse ataupun dengan sentuhan jari di perangkat mobile, tampilah info stasiun radio di lokasi itu dan siarannya bisa didengar langsung. Silakan Metronom mencobanya, titik siaran Metrum Radio di Radio Garden adalah https://radio.garden/listen/metrum-radio/ZMzeMgDi.

Nonoman Metrum juga dapat mengakses titik siaran itu lewat pencarian nama stasiun radio atau lokasi tempatnya. Hanya saja, memang ada beberapa radio yang tidak bisa terdengar dengan notifikasi station is unreachable.

Titik siaran Metrum Radio di Radio garden (radio.garden).*

Radio Garden ini diciptakan oleh perusahaan yang berbasis di Amsterdam. Yaitu Studio Puckey dan Moniker. Mereka diminta lembaga Netherlands Institute for Sound and Vision mengembangkan proyek itu, yang berfokus menampilkan radio menembus batas linguistik dan geografis.

“Secara konsep, apa yang penting adalah meninggalkan nama kota, negara dan batas dan hanya memajang peta ‘telanjang’ bumi. Anda hanya perlu menekan radio itu,” sebut Jonathan Puckey, anggota tim yang menciptakan Radio Garden. 

Radio Garden pun memungkinkan pengguna mengeksplorasi dunia melalui suara. Memang belum semua stasiun radio di seluruh dunia ada di Radio Garden, tapi bakal terus ditambah tiap harinya. Radio yang ingin tampil bisa langsung menghubungi tim Radio Garden.

Sejak diluncurkan, Radio Garden menjadi viral. Banyak stasiun radio dari berbagai negara ingin segera ditambahkan di layanan tersebut.

“Ini adalah kejutan besar bagi kami. Saat diluncurkan saja sudah ada ratusan email dari radio yang sangat ingin diletakkan di sana. Kami akan melakukannya sebisa kami,” papar Jonathan. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: