METRUM
Jelajah Komunitas

13 Sajian Khas Buka Puasa dari Berbagai Negara

MENJALANKAN ibadah puasa di bulan Ramadan, saat petang, saat adzan maghrib berkumandang adalah waktu yang ditunggu-tunggu untuk menyegerakan berbuka. Setiap keluarga atau suku bangsa di suatu tempat atau negara pasti memiliki sajian khas untuk berbuka puasa.

Makanan khas buka puasa ini biasanya hanya dihidangkan saat bulan Ramadan. Inilah beberapa hidangan kuliner khas Ramadan yang biasa disantap untuk buka puasa warga Muslim di berbagai negara: 

1. Gullac – Turki

Gullac/turkishyummies.com

Salah satu hidangan khas buka puasa di Turki adalah Gullac, kue tradisional ini sudah ada sejak Kekaisaran Ottoman pada tahun 1400-an. Gullac adalah sejenis makanan penutup yang terbuat dari tepung maizena, terigu, dan susu. Gullac terdiri dari lembaran pastry yang di atasnya ditaburi buah delima.

2. Samosa – India

Samosa/.pickyeaterblog.com

Tampilan makanan ini sepintas terlihat seperti pastel, sejenis makanan ringan yang biasa kita kenal di Indonesia. Namun samosa memiliki isian kacang polong, bawang, kentang, potongan daun dan daging cincang. Tak hanya di India, samosa juga menjadi makanan wajib buka puasa di Bangladesh dan Pakistan.

3. Dolma – Armenia

Dolma/wildarmenia.com

Sajian buka puasa ini mirip lemper atau lontong di Indonesia tapi olahan makanan ini dibungkus menggunakan daun anggur lalu dikukus. Dolma adalah makanan khas yang dibuat dari campuran daging giling, nasi, basil, parsley, dan bawang bombay.

4. Byrek – Albania

Byrek/wildarmenia.com

Makanan khas berbuka puasa bagi Muslim di Albania adalah byrek. Byrek sejenis kue pie tapi tidak berisi buah-buahan, melainkan berisi daging dan bayam dengan cita rasa asin. Menu ini bisa disantap dalam keadaan panas atau dingin saat berbuka puasa.

5. Qata’ef – Jerman

Qata’ef/youtube 

Sebagian besar umat Muslim di Jerman adalah pendatang dari negara-negara di Timur Tengah. Oleh karena itu, tradisi berpuasa di Jerman turut dipengaruhi oleh budaya Timur Tengah, salah satunya Turki. Saat berbuka mereka akan menghidangkan qata’ef atau qatayef (kue kering yang direndam sirup gula), ada juga kalladsch (adonan pilo isi kacang-kacangan), su’us (minuman berbahan baku gula hitam), dschellab (gula dicampur sirup kurma), dan qamruddin (jus aprikot).

6. Niu-rou-mian – Tiongkok

Niu-rou-mian/norecipes.com

Umat Muslim yang bermukim di daerah perbatasan Tiongkok dan Turki kerap berbuka puasa di bulan Ramadan dengan makanan khas yang disebut Niu-rou-mian. Niu-rou-mian adalah sejenis mie kuah yang dilengkapi dengan daging sapi dan rempah-rempah khas daerah setempat.

7. Khingalsh – Rusia  

Khingalsh/wikimedia 

Saat Ramadan, warga Muslim di Rusia senang berbuka puasa dengan kurma dan roti isi. Roti yang terbuat dari tepung dan berisi labu atau keju disebut khingalsh, sedangkan yang terbuat dari gandum disebut galnash. Makanan tersebut sering disajikan dengan minuman kvass, yaitu minuman non-alkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi dan dicampur dengan perasa buah. Minuman ini hanya bisa temui di Rusia saat bulan Ramadan.

8. Shorbet Adas – Palestina

shoebet/norecipes.com

Shorbe adas menjadi hidangan wajib saat buka puasa bagi warga Palestina. Makanan yang terlihat seperti bubur atau sup cream ini dibuat dari kacang lentil. Kacang lentil merupakan jenis kacang tertua di dunia yang sudah ada sejak 7.000 SM di dataran Mesir. Kacang lentil kuning biasa digunakan dalam berbagai masakan seperti sup kental, campuran pada doner kebab, perkedel dan nasi.

9. Arroz Caldo – Filipina  

Arroz Caldo

Warga Muslim di Filipina pada umumnya akan memilih arroz caldo sebagai menu buka puasa di bulan Ramadan. Sajian arroz caldo biasanya berisi ayam, daun bawang, yang dilengkapi dengan bakso ikan maupun baso sapi.

10. Chekchouka – Aljazair

Chekchouka/marrakech-kitchen.co.uk

Chekchouka pada dasarnya adalah makanan pokok dari Afrika Utara. Namun, ini menjadi sajian yang paling sering disantap oleh penduduk Aljazair saat buka puasa di bulan Ramadan. Chekchouka adalah makanan yang terbuat dari bahan utama telur rebus dicampur saus tomat, cabai, dan bawang, kemudian dibumbui dengan jintan.

11. Harira – Maroko

Harira/recipes.sainsburys.co.uk

Hidangan buka buasa yang sangat khas di Maroko adalah harira, semacam sup kental yang berisi campuran beras, kacang, daging sapi, dan buncis. Untuk memperkuat rasa, harira dimasak dengan bumbu-bumbu rempah seperti kunyit dan jahe.

12. Laksa Penang – Malaysia

Laksa Penang/blog.seasonwithspice.com

Saat berbuka puasa makanan berkuah yang satu ini merupakan menu andalan masyarakat Malaysia. Laksa penang terbuat dari mie kuah yang dicampur dengan ikan, potongan telur rebus, serta sayuran. Kuliner khas buka puasa ini menyajikan sensasi rasa pedas manis yang tercipta dari perpaduan rempah-rempah. 

13. Mahshi – Mesir 

Mahshi/suara.com

Mahshi menjadi hidangan favorit untuk buka puasa di Mesir. Sajian ini terbuat dari labu squash, sumsum, atau zucchini. Mahshi adalah sajian sayuran yang kaya rempah dan disantap dengan campuran nasi. Biasanya sajian ini dijadikan makanan utama atau sebagai makanan pendamping saat berbuka puasa. (Vey Si Sendal Jepit)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: