METRUM
Jelajah Komunitas

Reli Dakar 2023: Loeb Unggul di Etape VIII

RIYADH, SAUDI ARABIA (METRUM) – Persaingan para peserta Reli Dakar 2023 berlangsung seru di etape VIII, Minggu (8/1/2023) dari Al Duwadimi ke Riyadh sejauh 367 km karena Senin (9/1/2023) para peserta mendapat istirahat sehari yang amat dinantikan setelah delapan etape berat dilalui. Namun tak ada perubahan di klasemen umum di dua kategori utama yaitu Mobil dan Motor.

Pada kategori mobil, Sebastian Loeb juara dunia 9 kali WRC (world rally championship) asal Prancis dari tim Bahrain Raid Xtreme – Prodrive dinyatakan tampil sebagai pemenang etape VIII setelah pereli Spanyol, Carlos Sainz (Audi Team) yang semula finis terdepan unggul 1 menit 39 detik atas Loeb dikenai penalti 5 menit akibat “ngebut” di jalur netral. Posisi kedua oleh pimpinan klasemen Nasser Al-Attiyah (Toyota Gazzo/Qatar) + 2 menit 11 detik dan katiga Carlos Sainz + 3 menit 31 detik.

Di klasemen umum Al-Attiyah solid memimpin atas Henk Lategen (Toyota) tertimggal 1 jam 3 menit 46 detik, ketiga juga pereli Toyota lainnya Lucas Morales + 1 jam 20 menit 22 detik, sedangkan Sebastian Loeb di urutan keempat + 1 jam 52 menit 6 detik.

Sebagai pimpinan klasemen Al-Attiyah mengakui keunggulan waktunya cukup telak karena lebih dari 1 jam, namun dirinya tetap waspada karena di Dakar segalanya bisa terjadi.

“Masih ada enam etape lagi yang berat dan ini adalah Reli Dakar yang setiap hari bisa memunculkan kejutan, khususnya kendala teknis dan kecelakaan. Tiga teratas dikuasai pereli Toyota, ini amat bagus tapi kami harus hati hati, cuaca bisa membuat setiap peserta mengalami kendala. Semoga semuanya oke di etape selanjutnya,” ungkap Al-Attiyah.

Kategori Motor

Para peserta kategori motor setelah etape VII dibatalkan, berlomba dengan penih semangat di etape VIII. Tampil sebagai pemenang di etape ini, non unggulan Ross Branch (Hero), mengungguli Daniel Sanders (Gas Gas) + 3 menit dan ketiga Mason Klein (KTM) + 3 menit 23 detik.

Skyler Howes (Rockstar Husqvarna/AS) pimpinan klasemen Motor. (Foto: A.S.O.).*

Namun klasemen umum yang juga merupakan kejutan masih dikuasai Skyler Howes (Rockstar Husqvarna), pereli asal AS ini unggul tipis 13 detik atas Mason Klein (KTM Rally Raid) di urutan kedua dan ketiga Kevin Benavides (Red Bull KTM/Argentina) juara Dakar 2021 + 13 detik, posisi keempat Toby Price (Red Bull KTM/Australia) + 1 menit 58 detik dan kelima Pablo Quintanilla (Monster Honda/Chile) + 2 menit 45 detik.

Reli Dakar setelah istirahat sehari, akan dilanjutkan pada Selasa (10/1/2023) etape IX  Riyadh–Haradh 350 km. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: