METRUM
Jelajah Komunitas

Reli Dakar 2024: Benavides Dinyatakan Pemenang Etape III Motor, Al- Rajhi Ambil Alih Klasemen Mobil

AL SALAMIYA, SAUDI ARABIA (METRUM) – Pablo Quintanila (Monster Energy Honda) sebenarya finis terdepan pada etape III Reli Dakar kategori motor menempuh rute Buawadimi-Al Salamiya 738 km, Selasa (9/1/2024) WIB namun kemenangan pereli asal Chile ini dibatalkan karena penalti setelah speeding, melaju melebihi batas kecepatan di rute SS (special stage).

Akibat penalti ini juara Dakar 2021, Kevin Benavides (Red Bull KTM/Argentina) yang finis kedua dinyatakan sebagai pemenang etape III dengan waktu 4 jam 39 menit 28 detik, diikuti oleh Juara Dakar 2020 Ricky Brabec (Monster Energy Honda/AS) + 1 menit 11 detik dan ketiga Adrien van Beveren (Monster Honda/Prancis) + 2 menit 51 detik.

Setelah etape III, klasemen Motor masih dikuasai Ross Branch (Hero Motorsport), posisi kedua Jose Ignacio Cornejo (Monster Energy Honda) + 3 menit 11 detik dan ketiga Ricky Brabec (Monster Energy Honda) + 5 menit.

Kategori Mobil

Persaingan di kategori mobil juga amat ketat oleh para pereli kawakan yang sarat prestasi baik di arena kejuaraan dunia Reli WRC maupun Reli Dakar.

Ditengah pesaingan ketat para jagoan Reli Dakar, pereli tuan rumah yang juga penuh pengalaman Yazeed Al-Rajhi (Toyota Team/Sauidi Arabia) di akhir etape III mampu mengambil alih pimpinan klasemen dari Carlos Sainz (Audi Team/Spanyol) dengan keunggulan 29 detik.

Pada etape III kategoro mobil ini, pereli Brasil Lucas Moraes (Toyota  Overdrive)) menjadi pemenang, dibuntuti oleh Mattias Ekstrom (Audi Team) tertinggal tipis 9 detik dan ketiga Al-Rajhi (Toyota Overdrive).

“Ini etape yang berat, kehilangan lima menit berjuang keras menyusul setelah mengalami kempes ban. Saya hampir teguling karena memacu amat cepat dipandu rekan setim Ekstrom (Audi), ungkap Sainz yang finis keenam dan harus kehilangan pimpinan klasemen diambil alih oleh Al-Rajhi. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.