METRUM
Jelajah Komunitas

Republik Boseh, Corong Bagi Pesepeda

WILAYAH Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi saat ini mengalami perkembangan dan peningkatan jumlah masyarakat bersepeda yang cukup signifikan. Indikatornya adalah banyaknya komunitas pesepeda berdasarkan jenis sepeda, karena kesamaan hobi atau kesenangan, atau berdasarkan usia ataupun gender. Selain itu, dapat dilihat dari banyaknya event dan beragamnya kegiatan bersepeda yang digelar. Mulai dari fun bike, adventure, touring, bike camping, hingga race.

Dari hasil list database komunitas pesepeda awal tahun 2020 oleh Bina Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung, sampai saat ini terdapat 158 komunitas pesepeda, baik yang sudah lama (berdiri sejak belasan tahun yang lalu) atau komunitas sepeda yang baru dibentuk. Selain itu, masih banyak komunitas pesepeda di seputaran Bandung Raya yang belum terdata.

Database ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi, berbagi informasi dan kegiatan terkait pesepeda khususnya di wilayah Bandung Raya. Dari database ini, bahkan telah terbentuk WAG (Whatsapp Group) yang bernama “Forkom Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya”.

Untuk meningkatkan menyebaran informasi dan eksistensi komunitas pesepeda secara luas, kini media massa –baik konvensional maupun digital– kerap membantu dan memberikan kesempatan kepada grup-grup pesepeda untuk membewarakan apapun tentang komunitasnya melalui media yang mereka kelola. Komunitas dapat mengekpresikan informasinya dalam bentuk tulisan, foto, video atau bincang-bincang/talkshow.

Salah satunya adalah Metrum Media, media digital multi-platform berbasis komunitas di Bandung yang bertekad untuk mengkomunikasikan isu-isu strategis publik bersama komunitas lintas bidang di Bandung dan sekitarnya. Metrum yang juga akronim dari Media Terintegrasi Kaum Muda hadir dalam format visual (teks dan grafis), radio (audio), dan video (audio-visual) dengan konten yang saling terintegrasi dalam kultur media baru.

Dengan tagline “Jelajah Komunitas”, Metrum mengajak publik untuk mengeksplorasi aktivitas dan kreativitas berbagai komunitas di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Metrum mempersilakan komunitas-komunitas untuk memanfaatkan program siaran radionya untuk dikelola oleh berbagai komunitas. Bersifat mandiri, tidak membayar dan juga tidak dibayar.

Republik Boseh

Setiap Jumat, kini hadir “Republik Boseh”, sebuah program talkshow yang awalnya merupakan acara salah-satu radio FM berbasis suporter sepakbola di Kota Bandung yang saat ini acaranya sudah tidak mengudara lagi. Metrum Radio kembali menghidupkan Program “Republik Boseh” yang dirintis atau digagas oleh Kang Adi Raksanagara sekitar tahun 2011-2013 dengan format bincang-bincang santai, renyah, perlu dan menarik.

Program talk show berjargon “Jaya di Trek, Abadi di Atas Sadel” ini bakal menghadirkan berbagai komunitas sepeda (lokal Bandung, regional Jawa Barat, nasional) dan narasumber/pemantik yang kompeten di bidangnya. Program ini diampu host Kang Cuham Hambali dan Dewi Gilang Kurnia (Mak Uwie).

Talkshow “Republik Boseh” tayang dengan durasi 60 menit setiap hari Jum’at sore (seminggu sekali), pukul 16.30 – 17.30 WIB. Target pendengarnya adalah para pegiat sepeda, mulai dari usia remaja, muda, dewasa hingga orang tua.

Format Siaran

  • 5 menit : pembukaan diawali dengan intro/sebait lagu “Gowes”  by Agent’ PAB, Perkenalan
  • 15 menit : segmen 1
  • 15 menit : segmen 2
  • 15 menit : segmen 3
  • 10 mneit : pesan atau testimoni.

Setiap sesi diselingi 1 sampai dengan 2 buah lagu, terutama yang bertemakan sepeda, baik pilihan pendengar, penyiar maupun pilihan music director.

Rencana Konten

  • Tematis
  • Perkenalan atau eksistensi komunitas pesepeda
  • Info atau agenda kegiatan bersepeda
  • Harapan-harapan

Untuk interaksi bisa menghubungi nomor WA 0856-2121-029.

Bagi yang ingin mendengarkan siaran Metrum, silahkan kunjungi web-nya www.metrum.co.id dan juga dengan mengunduh aplikasinya. Untuk interaksi juga bisa melalui berbagai media sosial Metrum, seperti FB, IG, dan Twitter.

Republik Boseh tayang perdana pada Jum’at, 21 Maret 2020, dengan mengangkat tema “Membangkitkan Budaya Gemar Bersepeda”. Talkshow perdana menghadirkan narasumber/pemantik dari Bina Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung.               

Kanal BEIB

Tak hanya radio, website Metrum juga menyediakan kanal tulisan khusus untuk para pegiat sepeda bertajuk BEIB (bersepeda itu baik). BEIB menjadi ruang komunitas sepeda untuk mengekpresikan eksistensi dan membewarakan segala kegiatannya kepada publik.

Bagi para pegiat sepeda yang berkenan untuk mengirimkan tulisannya dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Tema terkait sepeda opini, profile komunitas, sosok pesepeda atau berita kegiatan/event, tapi tidak termasuk jualan.
  • Tulisan baik dan positif, tidak  menjelek-jelekan dan tidak menyinggung SARA.
  • Sebelum tulisan ditayangkan, Metrum berhak menyunting tulisan
  • Ditik format word, 12 point Times New Roman, panjang tulisan bebas.
  • Cantumkan Nama dan Komunitas/lembaga/instansi/institusi.
  • Lampirkan foto-foto secara terpisah (jangan dilampirkan dalam tulisan).
  • Kirimkan tulisan beserta foto-fotonya ke email metrumradio@gmail.com

Ruang ini masih bersifat sekadar ajang ekspresi, saling tukar informasi dan komunikasi, sekaligus ajang silaturahmi para pegiat sepeda. Tulisan yang dimuat tidak mendapatkan honor tulisan. Salam boseh dan go green! (Kang Cuham, Forkom Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: