METRUM
Jelajah Komunitas

Review MotoGP Malaysia 2023: Bastiani Menang di Sirkuit Sepang, Bagnaia Pertahankan Pimpinan Klasemen

SETELAH didera cedera cukup lama sehingga sering absen, pembalap Italia Enea Bastianini dari tim Ducati Lenovo, akhirnya mampu meraih puncak podium pertama kali bagi tim pabrikan Ducati pada seri ke-18 MotoGP Malaysia 2023 di sirkuit Sepang Internasional, Minggu (12/11/2023). Bastianini menjadi pembalap ketujuh musim ini yang memenangi seri MotoGP dari 18 seri yang telah diselesaikan. Ini membuktikan tidak ada pembalap yang dominan di era MotoGP pasca Covid-19.

Ducati mendominasi di sikuit Sepang dengan finissatu hingga posisi keempat. Sementara posisi terbaik pabrikan Jepang urutan kelima oleh juara dunia MotoGP 2021 Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha/Prancis) + 15 detik.

Bastiani yang merupakan rekan setim juara dunia bertahan MotoGP 2022 Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo/Italia) finis terdepan sendirian tanpa lawan memimpin sejak start hingga finis menyelesaikan 20 lap dengan waktu 39 menit 50,137 detik, kedua Alex Marquez (Gresini Racing Ducati/Spanyol) + 1,555 detik dan ketiga pimpinan klasemen MotoGP 2023 Franseco “Pecco” Bagnaia (Ducati Lenovo/Italia) +3,562 detik diikuit posisi keempat rangking kedua klasemen MotoGP 2023 Joge Martin (Pramac Ducati/Spanyol) yang kali ini tak mampu bersaing di baris depan tertinggal jauh 10,526 detik. Lomba berlangsung kurang menarik karena tidak ada aksi saling menyusul rangking satu hingga empat.

“Saya amat bahagia akhirnya bisa merebut kemenangan pertama kali sejak menjadi pembalap tim Ducati Lenovo musim ini. Cedera berulang kali menyebabkan saya lebih banyak absen tidak bisa berlomba, sehingga saya harus membuktikan kemampuan saya dan menebus waktu absen yang lama dengan kemenangan di Sepang,” tutur Bastianini pada jumpa pers.

Duel untuk perebutan gelar juara dunia MotoGP 2023, berlangsung seru antara Pecco Bagnaina (Ducati Lenovo) dibuntuti keyay oleh Jorge Marti (Pramac Ducati), pada MotoGP Malaysia 2023 di sirkuit Sepang, Minggu (12/11/2023). (Foto: Dorna Sport Srl.).*

“Sukses ini berkat kerja keras seluruh kru tim Ducati Lenovo, saya ucapkan terima kasih pada mereka semua, tanpa dukungan ini tak mungkin bisa merebut kemenangan ini, sejak start hingga finis tidak ada yang bisa melewati saya,” tambahnya.

Dengan hasil seri ke-18 di sirkuit Sepang ini, Pecco Bagnaia masih memimpin klasemen dengan raihan 412 poin, unggul 14 poin atas rangking kedua Jorge Martin (Pramac Ducati) 398, ketiga Marco Bezzecchi (Mooney VR-46 Ducati) 323, kempat Brad Binder (Red Bull KTM/Afsel) 254 dan kelima Johann Zarco (Pramac Ducati/Prancis) 200.

Berikutnya seri ke-19 MotoGP Qatar Minggu (19/11/2023). Pada sikuit cepat di Losail, Qatar yang seperti juga Sepang, Malaysia. Tampaknya tim pabrikan Ducati akan kembali unjuk gigi, keunggulan ada pada tim pabrikan Ducati. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d