METRUM
Jelajah Komunitas

Roda Ria, Penggerak Kegiatan Bike Edukasi

RODA Ria merupakan sebuah komunitas gerakan yang digagas dan dikelola oleh para pegiat sepeda dan lingkungan. Berdiri tahun 2018 dengan konsep yang diusungnya adalah membuat event atau kegiatan bersepeda santai tapi bermakna.  

Misinya membangun masyarakat bersepeda, bergaya hidup ramah lingkungan, hidup sehat, dan memperluas wawasan dan pengetahuan. Pengurusnya terdiri dari lima personil dan tidak ada struktur organisasi, hanya berlandaskan pada kaidah kolektif kolegial.

Mereka adalah:

  1. Dicky Ahmad dari Greeneration Indonesia
  2. Febrianto Budiman dari Greeneration Indonesia
  3. Aris Yunanto dari Federalist Bandung Indonesia
  4. Cucu Hambali dari Bersepeda Itu Baik
  5. Iqbal Yusra Karim Greeneration Indonesia

Beberapa rekan lain ada yang gabung menjadi tim pelaksana secara casual. Sekretariatan atau base camp tempat kumpul dan rapat di sebuah Café di Jalan Dago Golf Ciburial, Cimenyan, Bandung.

Kegiatan

Debut pertama Roda Ria melaksanakan kegiatan bersepeda bertajuk Pelesir Gambung, yaitu bersepeda santai dengan medan lumayan menantang, dari Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung menuju kawasan Gambung, Ciwidey, Kabupaten Bandung berjarak sekitar 37 kilometer. Diikuti 150 pesepeda dari berbagai komunitas di dalam dan luar Kota Bandung dan berisi kegiatan bazaar, hiburan, dan berkemah.

Pelesir gambung (Dok. Roda Ria).*

Selanjutnya Roda Ria menggelar kegiatan rutin yang menjadi andalan kegiatan sepanjang Roda Ria berjalan bernama Bike Edukasi, sebuah acara yang mengajak orang untuk bersepeda, berkumpul, dan bertukar informasi serta pengetahuan.

Dilaksanakan secara periodik dengan mengambil tema tidak hanya seputar dunia sepeda, tapi juga isu menarik lain yang menjadi perbincangan di tengah masyarakat dengan mengahadirkan para pemantik diskusi sesuai tema yang diangkat.

Meskit terbatas sesuai kapasitas tempat, kepesertaan terbuka luas bagi kalangan pesepeda, pegiat lingkungan, mahasiswa dan sebagainya. Kegiatan ini selalu diawali dengan bersepeda bersama dari titik A ke B, estimasi jarak sekitar 5 – 7 km melalui beberapa ruas jalan perkotaan. 

Tempat finish atau tempat kegiatan edukasi biasanya bekerjasama dengan café-café di Bandung. Bagi yang tidak mengikuti kegiatan bersepeda dapat langsung menuju lokasi cafe. Acara diskusi kadang diselingi hiburan musik akustik dan juga berbagai hadiah menarik persembahan sponsor yang mendukung kegiatan ini.

Berikut kegiatan bike edukasi yang sudah pernah dilaksanakan:

BikEdukasi #1

Dilaksanakan pada Mingu, 21 Oktober 2018, mengangkat tema “Sesar Lembang”,  yang saat itu masyarakat Kota Bandung diramaikan isu akan adanya “bom waktu” pergeseran sesar lembang. Menghadirkan pakar geologist dari Badan Geologi Bandung.

BikEdukasi #1 (Dok. Roda Ria).*

BikEdukasi #2

Dilaksanakan pada Minggu, 9 Desember 2018, kali ini mengangkat tema terkait pesepeda bertajuk “Jatuh dari Sepeda tak Seindah Jatuh Cinta”. Membahas tentang cara yang baik dan benar bersepeda, persiapan, pertolongan dasar dan sebagainya. Menghadirkan para pakar medis dari RSHS Bandung.

BikEdukasi #2 (Dok. Roda Ria).*

BikEdukasi #3

Tema yang diangkat dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) bertajuk “Indonesia Darurat Sampah, Kita Bisa Apa?” Dilaksanakan pada Minggu, 24 Februari 2019. Pemantiknya merupakan seorang aktivis lingkungan dari Greeneration Indonesia.

BikEdukasi #3 (Dok. Roda Ria).*

BikEdukasi #4

Dengan judul diskusi “Mencarai Rahasia Hidup yang Aduhai Bahagianya” menghadirkan influencer pegiat olahraga outdoor dan Greenroot Ambasador membahas tentang cara hidup sehat dan bahagia. Dialaksanakan pada Minggu, 31 Maret 2019.

BikEdukasi #4 (Dok. Roda Ria).*

BikEdukasi Spesial

Kegiatan ini dilaksanakan sebelum bike edukasi ke-4, tepatnya pada Kamis, 28 Maret 2019. Dilaksanakan secara mendadak dengan persiapan hanya 3 hari saja. Temanya “Ngobrol Santai bersama Diego & Marlis” pasangan pesepeda dari Indonesia dan Belanda yang melakukan perjalanan bersepeda jauh lintas Negara dari Belanda ke Indonesia dengan misi pelestarian lingkungan, perlindungan hewan dan manusia”.

BikEdukasi spesial ngobrol santai (Dok. Roda Ria).*

BikEdukasi #5

Sejak bike edukasi ke-4, Roda Ria belum mengadakan lagi kegiatan karena masing-masing personil memiliki kesibukan yang cukup intens. Sesekali kumpul untuk membahas kegiatan yang diwacanakan, namun hingga akhir tahun 2019 belum ada garapan lagi hingga kemudian melakukan hearing dengan pihak Dinas Perhubungan Kota Bandung membahas kerja sama kegiatan sepanjang tahun 2020.

BikEdukasi #5 (Dok. Roda Ria).*

Memasuki tahun 2020, kegiatan-kegiatan yang sudah dipersiapkan untuk digarap tidak terlaksana atau dibatalkan selain alasan teknis dan anggaran juga karena dampak terjadinya pandemi covid-19. Oleh karena itu, praktis tak ada aktivitas apapun karena mematuhi anjuran pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial dan fisik guna memutus rantai penyebaran virus corona.  

Barulah pada Agustus 2020 ini, saat memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, BikEdukasi #5 digelar dengan konsep virtual ngobrol bareng online bertema “Merdeka Bersepeda Keliling Dunia”, menghadirkan Hakam Mabruri yang bercerita perjalanan bersepeda Umrah dan mengarungi benua Afrika dengan misi religius, keragaman, dan perdamaian.

Kegiatan ini didukung berbagai korporasi dan media partner, salah satunya Metrum, Media Terintegrasi Kaum Muda dalam jelajah komunitas.  Ditayangkan pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 16.00 WIB di channel Youtube Roda Ria.

Semoga saja Roda Ria bisa kembali eksis menggairahkan aktivitas bersepeda melalui kegiatan yang digelar dengan konsep sederhana, tetapi berkualitas dan sangat bermakna. Salam boseh dan Go green! (Cuham, Bersepeda Itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: