METRUM
Jelajah Komunitas

Salad Membuat Otak Lebih Muda 11 Tahun

SALAD mungkin belum menjadi favorit makanan di Indonesia. Padahal salad memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya dapat membuat otak Anda lebih muda.

Seperti dikutip dari Antara, Selasa 26 Desember 2017, mengonsumsi satu hingga dua porsi salad berisi bayam, selada dan kailan setiap hari bisa membuat otak Anda lebih muda 11 tahun dan juga mencegah terjadinya demensia.

Peneliti dari Universitas Rush Chicago menemukan bahwa sayuran berdaun hijau dapat mencegah risiko terjadinya penurunan memori dan kemampuan dari mereka yang jarang makan sayur.

“Menambah porsi harian sayuran berdaun hijau bisa menjadi cara mudah menjaga kesehatan otak,” kata Martha Clare Morris, salah satu peneliti kepada Indian Express.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan Jurnal Neurology, ada 960 lansia dengan rata-rata usia mencapai 81 tahun yang bukan penderita demensia.

Setelah 10 tahun diteliti, para partisipan yang paling banyak mengonsumsi sayuran hijau, tingkat penurunan memorinya lebih lambat 0,05 unit standar per tahun daripada mereka yang makan sayuran berdaun paling sedikit. Perbedaan ini setara dengan 11 tahun lebih muda dalam ukuran usia manusia.

Hasil temuan tersebut juga terbukti keabsahannya setelah memperhitungkan sejumlah faktor yang mempengaruhi kesehatan otak seperti, merokok, tekanan darah tinggi, obesitas, tingkat pendidikan dan jumlah aktivitas fisik dan kognitif. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.