METRUM
Jelajah Komunitas

SELITA, Komunitas Sepeda Lipat di Purwakarta

PEGIAT sepeda lipat (seli) kini makin banyak dan semarak di berbagai wilayah. Tak hanya di kota-kota besar, pegiat seli ini juga hadir di daerah. Salah satunya di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Kesempatan dan peluang positif ini dimanfaatkan sekelompok pegiat seli berprakarsa membentuk sebuah wadah untuk mengakomodir pegiat seli di Purwakarta. Prakarsa para pegiat seli di Purwakarta ini, diawali ketika mereka bertemu saat mengikuti kegiatan Maranggi Attack 2 yang diselenggarakan Cepot Lipet Bandung. Event ini dimanfaatkan pegiat sepeda seli asal Purwakarta untuk bertatap muka, silaturahmi dan akhirnya tercetus ide membentuk wadah komunitas. Pegiat sepeda yang hadir merupakan goweser senior, di antaranya adalah Gaga W Suganda, M. Arifien, Atang, dan Harsono. 

Bersepeda di Boyolali (Dok. SELITA).*

Singkat cerita, mereka bertemu kembali dan melakukan gowes bareng ke daerah Wanayasa dan membahas tentang pembentukan wadah pegiat seli Purwakarta. Pertemuan pada Minggu, 18 Agustus 2019 itu, para goweser sepakat membentuk komunitas pesepeda lipat bernama SELITA (Sepeda Lipat Purwakarta). Misi dan visinya adalah menghimpun hobi tanpa memandang merk, sebagai wadah kerukunan dan silaturahmi sesama pegiat sepeda lipat di Kabupaten Purwakarta.  

Berikut jajaran Pengurus Sepeda Lipat Purwakarta:

Susunan Pengurus SELITA

  • Pembina: ISSI Pengurus Cabang Purwakarta
  • Penasehat: Atang, Abah Yanto
  • Ketua: Gaga W Suganda
  • Wakil Ketua: M Arifien
  • Sekretaris: Marico
  • Bendahara: Harsono
  • Sie Bid Organisasi: Eman Ole, Sayiful Mahfud (Vuvud)
  • Sie Bid ekonomi: Bunda Azwa
  • Sie Bid Kegiatan: Wardana, Irman (Barber)
  • Sie Humas: Ali Nopel
Komunitas Sepeda Lipat Purwakarta/SELITA (Dok. SELITA).*

Kegiatan

Hidupnya komunitas karena adanya kegiatan. Oleh karena itu, Komunitas Sepeda Lipat Purwakarta secara rutin setiap hari Sabtu dan Minggu berkumpul di Situ Buleud kemudian melakukan gowes bersama ke tempat-tempat yang sudah ditentukan. Seperti ulin ke Wanayasaya dan ke Ubrug.

Kegiatan yang pernah dilaksanakan di antaranya launching SELITA pada Sabtu, 7 Desember 2019 di St. Kopi. Acara kumpul-kumpul para pesepeda yang penuh hiburan dan hadiah ini, dihadiri banyak goweser dan diisi kegiatan bersepeda keliling kota seputaran Purwakarta. SELITA juga pernah bersepeda bareng di luar daerah, seperti di Boyolali, Bandung, Sidareja Pangandaran dan beberapa tempat lainnya. Selain itu, SELITA juga aktif mengikuti event yang diselenggarakan oleh pihak lain, salah satunya adalah kegiatan bersepeda Sunday Morning (Sunmori) di Jakarta. 

Tak hanya aktivitas sepeda, SELITA juga melaksanakan kegiatan lain yang bersifat sosial, seperti pembagian masker dan santunan kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19.

SELITA ulin ka Wanayasa (Dok. SELITA).*

Nah, bagi pegiat seli di Purwakarta yang berminat gabung silahkan menghubungi Komunitas SELITA, agar kita semakin banyak teman, banyak pengalaman, dapat berbagi dan menambah wawasan, khususnya tentang sepeda lipat. Lebih jauh, komunitas SELITA ikut meramaikan khazanah bersepeda di Kabupaten Purwakarta. Salam boseh dan go green! (Cuham, Bersepeda itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.