METRUM
Jelajah Komunitas

Tadej Pogacar (UAE Emirates) Juara Umum Giro d’Italia 2024, Tim Decathon AG2R Juara Beregu

ROMA, ITALIA (METRUM) – Atlet muda terkemuka Tadej Pogacar (25) dari tim UAE Emiates membuat sejarah menjadi orang Slovenia kedua setelah Primoz Roglic (Jumbo Visma/Slovenia) 2023 yang menjadi juara umum balap sepeda terkemuka grand tour Giro d’Italia edisi ke-107/2024 yang berakhir di Roma-Italia, Senin (27/5/2024) dinihari WIB menyelesaikan etape ke-21, terakhir 125 km seputar Roma.

Pogacar mempertahankan Maglia Rosa (kaus pink) sejak direbutnya di etape ke-2 hingga finis etape ke-21 dengan keunggulan telak 9 menit 56 detik atas rangking kedua Daniel Martinez (Bora Hansgrohe/Kolombia). Untuk nomor beregu, tim Decathlon AG2R (Prancis) menjadi juara.

Pogacar yang tampil pertama kali pada Giro d’Italia 2024 nyaris tanpa ada lawan sepadan, sehingga sejak etape ke-2 dengan mudah merebut Maglia Rosa (kaus pink) tanda pimpinan klasemen umu di rute tanjakan etape ke-2 dan terus melaju selama 21 etape dengan dukungan tim UAE Emirates, tak tersaingi merebut total enam etape (5 etape tanjakan dan 1 etape ITT tanjakan).

Ini merupakan gelar juara Giro d’Italia pada penampilan pertama pertama kali bagi Pogacar yang sebelumnya telah sukses 2 kali menjuarai grand tour paling bergengsi Tour de France 2020 dan 2021.

“Hasil yang amat membanggakan pada penampilan perdana Giro 2024 yang sebenarnya diluar rencana karena ingin konsentrasi pada Tour de France (TdF) 2024 setelah pada 2 tahun terakhir saya gagal menjadi juara TdF 2022,2023 direbut oleh Jonas Vingegaard (Jumbo Visma/Denmark). Namun saya akhirnya putuskan ikut serta karena tiga atlet unggulan lain tidak ikut serta (Jonas Vingegaard, Primoz Roglic dan Remco Evenepoel) karena masih cedera, jadi memudahkan bagi saya ikut Giro sebagai pemanasan jelang TdF,” ungkap Pogacar.

“Kini keputusan itu memberi saya gelar yang jadi kenyataan, menjadi juara Giro d’Italia 2024 pertama kali ikut dan juara. Saya harus terimakasih pada semua rekan-rekan di tim UAE Emirates yang memberi dukungan selama 21 etape lomba menempuh 3.400 km. Kerja keras tim itu kini terbayarkan,” tutur Pogacar dengan wajah ceria yang kini telah mengkoleksi 3 juara grand tour yaitu 2 kali Tour de France (2020.2021) dan 1 kali Giro d’Italia 2024.

Peserta Giro d’Italia 2024, melaju pada etape ke-21 di kota Roma, melewati kolisium momumental peninggalan zaman Romawi, yang digunakan untuk pertarungan para Gladiator. (Foto: Fabio Ferrari/Getty Images).*

Sebanyak 142 atlet dari 22 tim mencapai finis akhir di Roma, 34 tak mencapai finis dari jumlah awal 176. Para peserta harus berjuang keras selama 21 etape mengatasi berbagai rute berat/tanjakan dan juga melewati cuaca buruk yang dialami pada beberapa etape.

Pemenang Etape XXI (Terakhir)

Pada etape XXI sejauh 125 km seputar Roma, tampil sebagai pemenang melalui adu sprint masal sprinter kawakan Belgia, Tim Merlier (31) tim Soudal Quick Step, sementara sprinter andalan tuan rumah Jonathan Milan (LiDL Trek/Italia) pemegang kaus warna jingga (king of sprint) harus puas di urutan kedua dan posisi ketiga Kaden Groves (Alpecin/Australia) bersama peloton besar dengan waktu dsama 2 jam 51 menit 50 detik .

Pada etape terakhir ini Jonathan Milan yang berambisi memenangi etape terakhir didepan para pendukung tuan rumah gagal memuaskan pendukungnya, setelah pada 800 meter terakhir mengalami kempes ban sehingga harus menunggu cadangan dari mobil tim yang cukup memakan waktu, dan berjuang keras mengejar peloton yang memakan banyak energi, sehingga sprint akhirnya finis kedua, kalah oleh Merlin.

Hasil Lengkap Giro d’Italia ke-107/2024:

Juara Umum (Kaos pink)

1. Tadej Pogacar (UAE Emirates/Slovenia) 79 jam 14 menit 03 detik
2. Daniel Martinez (Bora Hansgrohe/Kolombia) + 9 menit 56 detik
3. Geraint Thomas (Ineos Grenadier/Inggris) + 10 menit 24 detik
4. Ben O’Connor (Decathlon AG2R/Australia) + 12 menit 07 detik
5. Antonio Tiberi (Bahrain Victorious/Italia) + 12 menit 49 detik

King of Mountain (kaus biru): Tadej Pogacar (UAE Emirates/Slovenia)

King of Sprint (kaus jingga): Jonathan Milan(Lidl Trek/Italia)

Klasemen U25 (kaus putih): Antonio Tiberi (Bahrain Victorious/Italia)

Klasemen Beregu:

1. Decathlon AG2R La Mondiale (Prancis)
2. Ineos Grenadier (Inggris ) + 44 menit 23 detik
3. Tim UAE Emirates (UAE) + 1 jam 1 menit 50 detik. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.