METRUM
Jelajah Komunitas

FBI Tilulas, Pesta Federal Rasa Kita!

MENGUSUNG tema Federal Rasa Kita (Federasta) dalam balutan nuansa musik reagge dan warna ceria khas Jamaika, perhelatan milangkala Federal Bandung Indonesia (FBI) ke-13 (FBI Tilulas) yang digelar di Taman Musik Centrum pada Minggu, 26 Mei 2024, mampu menyedot perhatian para pegiat sepeda, khususnya yang ada di seputaran Bandung Raya.

Bagaimana tidak? FBI yang lahir pada 30 Mei 2011 tersebut sejak 2017 selalu merayakan hari jadinya dengan kegiatan unik, menarik, dan tematis baik secara besar-besaran maupuan sederhana. Dan FBI Tilulas membuktikan daya tarik tersebut melalui rangkaian acara yang sedikitnya telah membuat tidak hanya decak kagum, juga terharu serta menginspirasi.

Gelaran FBI Tilulas dilaksanakan oleh tim kepanitian dari pengurus dan anggota FBI, dihadiri oleh kurang lebih 700 orang, terdiri dari anggota, sesepuh dan simpatisan FBI. Selain itu, acara juga dihadiri undangan perwakilan dari 100 komunitas pesepeda dan personil yang tergabung dalam FORKOM Bandung Raya.

Selain itu, hadir perwakilan dari Chapter Federal berbagai daerah yaitu FedBumi (Sukabumi), Fedkoci (Kota Cimahi), FedCJR (Cianjur), FeDi (Indramayu), FedSum (Sumedang), FedKas (Majalengka), Fedarta (Purwakarta), FDB (Bogor), FeDe (Depok), KM2 (Cikampek), Tasmania (Tasikmalaya), FedKonsep (Jakarta), FedTangs (Tangerang), DeBegals, FedLamp (Lampung), Fedjo (Jogjakarta), dan juga perwakilan dari MTB Federal Indonesia (MTBFI).

Acara diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh Eka Martha, salah satu srikandi FBI, dan menyanyikan Tanah Airku serta mars Federal Nusantara yang diiringi Nagetaku Band yang personilnya adalah anggota FBI dan kemudian perform beberapa lagu sebelum sesi sambutan.

Meski saat perform, sempat terjadi kendala teknis listrik mati, tapi sekitar lima belas menit kemudian bisa teratasi dan acara kembali bisa digelar. 

Sambutan diawali ketua panita FBI Tilulas, Atang Hermana Usman, menyampaikan ringkas laporan dari sejak persiapan hingga hari H dan ucapkan trimaksih pada semua anggota FBI dan simpatisan, panitia, serta pendukung kegiatan, salah satunya Metrum sebagai media partner.

Usai ketua panitia disambung sambutan dari Kartika Yoga mewakili MTBFI, yang menyampaikan rasa kagum dan terinspirasi oleh aktivitas FBI khususnya saat menggelar FBI tilulas.

Berikutnya, Didi Ruswandi selaku Pembina FBI yang menyampaikan pesan agar FBI tetap menginspirasi dan turut serta dalam gerakan bersepeda untuk Bandung lebih baik dengan harapan menjadi kota untuk manusia bukan untuk kendaraan.  

Sementara  sambutan dari pihak pemerintah kota Bandung diwakili ketua DPRD, Teddy Rusmawan dengan mengawali pantun yang disambut kata cakep dan riuh rendah oleh para pesepeda, “Sungguh enak makan bubur manis ceu Elis, apalagi makannya pake roti srikaya. Selamat ulang tahun para federalist, semoga FBI makin jaya”

Beliau juga menyinggung tentang program “Braga Beken” yang dinilai cukup berhasil berkat dukungan masyarakat termasuk para pegiat pesepeda, setidaknya bisa memberi dampak positif bagi Kota Bandung lebih baik.

Terakhir, sambutan sekaligus tausiah dan do’a yang disampaikan oleh ustadz Salman Alfarisyi dari Pondok Pesantren Ibadurrohman, Bale Endah, Kabupaten Bandung yang menggangap FBI sudah menjadi sodara karena memiliki program charity One Bike One Alqur’an yang mana pesantrennya tersebut menjadi salah satu penerima program. Program tersebut juga digelar dalam moment FBI Tilulas usai tausiah dan do’a.

Acara berikutnya yaitu seremonial FBI tilulas dengan menyampaikan harapan dan do’a oleh Cepi Muhammad Tohidin (sesepuh/salah satu pendiri, pelaku sejarah utama FBI) didampingi beberapa komandan FBI, perwakilan MTBFI dan Ketua Panitia FBI Tilulas.

Tak lama kemudian dilanjut dengan serah terima jabatan (sertjiab) Komandan FBI periode 2024 – 2026 dari Ananta Buddhi (2022 – 2024) ke Dicky Akhmad S yang akan melanjutkan statuta kepemimpinan FBI kedepan.

Tim panitia FBI Tilulas (Foto: Suhe).*

Selanjutnya, para pesepeda disuguhi acara menarik, unik dan cukup menghibur yaitu fashion show yang ditampilkan secara catwalk oleh 13 anggota FBI yang sudah usia sepuh terdiri dari 8 pria menggunakan kaos/jersey edisi spesial milangkala FBI sejak hari jadi ke-6 tahun 2017 sampai dengan ke-13 tahun 2024 dan 5 perempuan menggunakan kaos/jersey edisi special jambore nasional (jamnas) MTBFI ke-1 (Jogjakarta, 2012), ke-2 (Bandung, 2014), ke-3 (Kediri, 2016), ke-4 (Jakarta, 2018), dan ke-5 (Tasikmalaya, 2020).

Diselingi doorprize dan penampilan akustik Lucky Lukluk (anggota lama FBI) dan Ganjar Nour, acara dilanjutkan penyerahan penghargaan sepanjang masa (life achievement) kepada Endra Ginanjar selaku salah-satu sesepuh dan pelaku sejarah berdiri yang dinilai berkiprah banyak dan loyal bagi perkembangan FBI dari awal pendirian hingga sekarang.

Penyerahan penghargaan tersebut dirangkai dengan acara “tribut to Komandan FBI” dari masa ke masa, yaitu ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada beberapa personil yang pernah menjabat jadi komandan sesuai periode masing-masing hingga tahun 2024 atas dedikasi dan sepak terjangnya selama menjadi leader untuk perkembangan FBI.

Acara diakhir dengan pembagian doorprize lanjutan persembahan dari berbagai korporasi yang mendukung kegiatan FBI Tilulas diselang dengan penampilan band utama bernama Reagge Jamz yang tentu saja membawakan lagu-lagu irama reagge dan pengundian hadiah utama berupa sepeda federal edisi khusus FBI Tilulas Federasta persembahan dari FBI yang berhasil diraih oleh pesepeda anggota komunitas pesepeda, PARIS.

Hayu #biketokamanawae, minimal untuk jarak yang pendek, tetap bersepeda dengan bijak, tertib, dan beretika, karena bersepeda itu baik. Salam boseh dan go green! (Cucu Hambali, Bersepeda itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.