METRUM
Jelajah Komunitas

Taiwan Bantah Sumber Tenaga Angin Miliknya Melanggar Aturan WTO

TAIWAN, ROC – Berkaitan dengan Uni Eropa yang menunjuk pengembangan tenaga angin lepas pantai Taiwan melanggar peraturan WTO. Menko Wang Mei-hua pada Rabu (31/3/2021) seperti dilansir dari RTI, menekankan pemerintah bersikap fleksibel dan melakukan penyesuaian, dalam metode pelaksanaanya tidak ada pelanggaran terhadap peraturan WTO.

Berkaitan dengan pengembangan tenaga angin lepas pantai untuk lahan tahap ke-3, Kemenko masih belum mengeluarkan pemberitahuan. Filip Grzegorzweski dari Kantor Dagang dan Ekonomi Eropa dan pejabat instansi sumber energi Uni Eropa lainnya sedang melakukan pembahasan sumber energi angin Taiwan-Uni Eropa, dalam dialog pembahasan menunjuk pengembangan tenaga angin lepas pantai oleh pemerintah Taiwan melanggar peraturan internasional dan WTO.

Menko Wang Mei-hua ada hari Rabu ini (31/3) dalam sidang interpelasi komite ekonomi Yuan Legislatif melaporkan, sebelum rapat ini telah menyampaikan kepada media terkait dengan hal ini, ia menekankan, Taiwan menerapkan 3 tahapan dalam pengembangan tenaga angin lepas pantai, untuk tahap ke-2 dengan pengembangan lahan potensial yang terpilih menerapkan sistem penawasan, diantaranya dalam proses pemilihan mempertimbangkan relevansi industri dan lokalisasi.

Persyaratan itu telah dilakukan pada 70 sesi rapat penjelasan, kemudian perusahaan yang berhasil terpilih wajib menyesuaikan aturan yang berlaku, sementara pemerintah akan bersikap fleksibel dalam batasan yang normal, cara demikian semestinya tidak melanggar peraturan WTO.

“Sudah terpilih maka semestinya wajib menjalani sesuai dengan peraturan, tentunya dalam proses pelaksanaan ini juga akan menghadapi beberapa kendala, maka pihak kami juga akan melakukan beberapa penyesuaian yang lebih fleksibel, agar semua pelaksanaan berjalan dalam cakupan yang rasional, maka bagi Taiwan, pihak kami sangat menghargai peraturan terkait dari WTO, inilah cara kami menjalaninya, kami tidak melakukan pelanggaran peraturan WTO,” ujar Wang Mei-hua.

Berkaitan Menteri Dewan Pertanian(COA) Chen Chi-chung yang menangis saat berdialog dengan tim lingkungan membahas pembangunan stasiun gas alam cair (LNG) GuanTang, Menko Wang Mei-hua merespons, hubungan antara Chen Chi-chung dan tim lingkungan sangat baik, sangat optimis Menteri Dewan Pertanian bersedia untuk berkomunikasi dengan mereka, tetapi Kemenko juga mengutus Wamenko Tseng Wen-sheng untuk berdialog dengan mereka, ia menekankan, Kemenko tidak pernah absen dalam pelaksanaan tugasnya. (M1-RTI)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: