METRUM
Jelajah Komunitas

Taminiaux Menangi Etape V, Sosa Kokoh Kuasai Kaus Kuning

Petronas Le Tour de Langkawi 2022

KULIM, MALAYSIA (METRUM) – Melalui aksi break away 5 km terakhir dari grup sebelas atlet, dua atlet berhasil lolos untuk duel sprint finis di akhir etape V balap sepeda kelas dunia Petronas Le Tour de Langkawi (LTdL) 2022 Malaysia di Kulim, Sabtu (15/10/2022) menempuh jarak 172 km dari Kuala Kangsar.

Dual sprint dua atlet ini dimenangi Lionel Taminiaux (26) asal Belgia dari tim po divisi 2 Alpecin-Deceuninck (Belgia) mengalahkan Julius Van Den Berg (Belanda) tim pro divisi 1 EF Education (AS), keduanya mencatat waktu sama 3 jam 41 menit 42 detik. Bagi tim Alpecin merebut etape V, merupakan sukses memenangi dua etape beruntun setelah sehari sebelumnya pada etape IV dimenangi sprinter tim Alpecin, Jakub Mareczko.

Posisi ketiga ditempati Carter Bettles (Ara Pro Racing/Australia + 4 detik dan urutan kelima ditempati juara LTdL 2017 Ryan Gibbons (UAE Team Emirates/Afsel). Sebanyak sebelas atlet yang break away sejak pertengahan etape V finis terbagi dalam tiga grup.

Peloton dipimpin tim Movistar melakukan pengejaran 11 breaker pada etape V Petronas Le Tour de Langkawi 2022, etape V Kuala Kangsar – Kulim 172 km, Sabtu (15/10/2022). (Foto: LTdL).*

“Saya amat senang bisa memenangi etape V ini, kerja tim Alpecin amat bagus hari ini dan hasil ini juga dicapai berkat kerja keras tim Movistar yang memacu kecepatan cukup tinggi di bagian rute yang menanjak sehingga banyak sprinter tenggguh tercecer,” jelas Taminiaux.

“Peluang menang ada di etape in dan dengan berani mengambil risiko melepaskan diri beberapa km sebelum finis akhirnya saya bisa sukses finis pertama,” tambahnya.

Sementara peloton utama 60 atlet termasuk pemegang kaus kuning Ivan Sosa (Movistar/Spanyol) serta unggulan rangking atas lainnya tiba bersamaan tertinggal 38 detik. Hingga etape V, 106 atlet masih bertahan dari jumlah semula 117 di etape I.

Dengan hasil etape V ini tak ada perubahan di klasemen umum, Ivan Sosa (Movistar/Kolombia) kokoh menguasai kaus kuning (pimpinan klasemen) unggul 23 detik atas runner up Hugh Carthy (EF Education/Inggris) dan ketiga Einer Rubio (Movistar/Kolombia) + 2 menit 2 detik.

Podium pemegang klasemen 4 kategori pada etape V Petronas Le Tour de Langkawi 2022 di Kulim, Sabtu (15/10/2022). Kaus merah (raja tanjakan) Moh. Zariff (Terengganu Polygon /Malaysia), kaus Kuning (klasemen umum) Ivan Sosa (Movistar/Kolombia), kaus hijau (raja sprint) Max Kanter (Movistar/Jerman), kaus putih (klasemen Asia) J. Sanbayar (Terengganu Polygon/Monggolia). (Foto: LTdL).*

Di klasemen beregu, tim Movistar (Spanyol) tak tegoyahkan di urutan teratas dengan keunggulan 2 menit 6 detik atas rangking kedua tim EF Education (AS) dan ketiga Uno X Pro (Norwegia) + 4 menit 42 detik.

Klasemen Asia (kaus putih) terjadi pergeseran Jambaljamts Sanbayar asal Monglolia dari tim Terengganu Polygon Team-Malaysia merebut kaus putih dari tangan Andrey Zeits (Astana/Kazakhstan) dengan keunggulan 1 detik.

Sedangkan di perebutan kaus hijau (king of sprint) juga terjadi pergeseran, Gleb Syitsa (Astana) harus menyerahkan kaus putih kepada pemegang baru Max Kanter (Movistar/Jerman).

Jalannya lomba etape V berjarak 172 km dari Kuala Kangsa ke Kulim tidak agresif seperti etape-etape sebelumnya, hanya ada beberapa kali upaya “break away” dan yang paling serius dilakukan kelompok 11 pembalap yang bisa meloloskan di km 60. Break away ini tidak membahayakan pompinan klasemen Ivan Sosa (Movistar) sehingga hanya dikontrol tidak terlalu jauh, mendekati finis keunggulan para breaker ini dari 2 menit menurun hanya 38 detik.

Pemegang kaus kuning Ivan Sosa (Movistar) pada jumpa Pers menyatakan puas bisa mempertahankan kaus kuning yang diraihnya sejak etape III tanjakan Genting Highlands.

“Saya tampil maksimal didukung tim Movistar untuk mengamankan pimpinan klasemen perorangan dari ancaman break away 11 pembalap. Kami hanya mengontrol agar 11 atlet yang lolos break away ini tidak jauh,” ungkap Sosa.

“Semua maneuver yang membahayakan bisa kami netralisir di etape V namun masih ada tiga etape lagi etape VI dan dua etape VII dan VIII di pulau Langkawi, jadi tim kami harus tetap waspada dan kerja maksimal untuk mempertahankan kaus kuning ini,” tambahnya.

Minggu (16/10/2022) Etape VI menempuh rute datar sejauh 120 km dari George Town pulau Penang ke Alor Setar. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: