METRUM
Jelajah Komunitas

Tiga Olahraga Sunah yang Dianjurkan Rasulullah

DALAM beberapa riwayat hadits, Rasulullah SAW sempat menyebut 3 olahraga yang dianjurkan dan menjadi kegemaran Beliau. Nabi selalu mengajarkan umatnya agar senantiasa hidup sehat.

Berbagai olahraga yang dilakukan Nabi Muhammad SAW maka itu menjadi sunah. Adapun beberapa jenis olahraga yang Rasulullah lakukan adalah:

1. Memanah

Seorang wanita sedang berlatih olahraga memanah (Foto: Rivanka Haekal R).*

Memanah adalah jenis olahraga kuno yang digunakan para prajurit untuk meningkatkan keterampilan mereka khususnya dalam berperang. Olahraga ini membutuhkan perhatian fisik dan juga mental.

2. Berkuda

Dilansir dari lifeinsaudiarabia, Nabi Muhammad SAW pernah disebutkan berpartisipasi dalam pelatihan berkuda untuk meningkatkan kekuatan otot-ototnya.

3. Renang

Anak kecil berlatih berenang (Foto: Porapak Apichodilok/Pexels).*

Seperti yang sudah kita ketahui, berenang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selain menjaga pernapasan, renang membantu meninggikan badan, bahkan menyehatkan jantung.

Bahkan di masa sekarang, olahraga di air ini sudah menjadi favorit bagi kebanyakan orang.

Hal ini jelas menyatakan bahwa Islam memiliki perhatian khusus bagi aktivitas fisik dan kesehatan umatnya. Tentu bukan hanya muslim, tapi kaum non muslim pun bisa mendapatkan manfaat dengan berlatih olahraga ini. (Rivanka Haekal R/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: