METRUM
Jelajah Komunitas

Street Photography

STREET Photography atau juga di sebut foto jalanan adalah salah satu jenis dari foto dokumenter yang menampilkan subjeknya dari situasi candid di tempat publik seperti jalanan, taman, pasar taupun tempat lainnya.

Banyak definisi untuk street photography, dan lingkupnya sering diperdebatkan dan dipusingkan dengan jenis fotografi lain seperti human interest, dokumentasi, bahkan sampai landscape, travel dan portrait. Street photography adalah salah satu jenis fotografi yang cukup digemari bagi sebagian orang.

Seorang fotografer street luar negeri bernama Fred Herzog mengatakan “To show the realism of the street (menunjukkan realitas di jalanan)” Pernyataan ini sederhana sekali, tapi sangat bagus dalam mendeskripsikan street photography.

Pernyataan itu menjelaskan beberapa hal:

  • Lokasi: street/jalanan – bisa dikembangkan ke ruang publik (termasuk di dalam rumah makan, toko, transportasi massal seperti kereta api) dan sebagainya.
  • Subjek foto: Biasanya isinya adalah manusia di ruang publik yang sedang beraktivitas, tapi bisa juga tanpa manusia misalnya perabot, kendaraan, arsitektur.
  • Sifat: Street photography menunjukkan realitas apa adanya tanpa diatur dan di pose secara khusus.

Fotografi jalanan lebih cenderung menjadi ironis dan menjadi terbatas atau berjarak dari masalah subjeknya itu sendiri, dan sering terpacu pada situasi tunggal manusia, menyangkut pada ketentuan situasi ketajaman.

Kendala yang mungkin dijumpai dalam street photography adalah hilangnya momen karena objek terlalu cepat bergerak atau terhalangi oleh suatu benda atau orang, settingan kamera belum pas dan kita belum siap untuk memotret adanya dengan meminimalkan manipulasi objek.

Seorang cosplayer sedang melakukan aksinya dengan ber-swafoto (Foto: Rivanka Haekal R).*

Di sisi lain, banyak fotografi jalanan menggunakan posisi yang berbeda dan menggunakan sesuatu yang sangat harfiah atau rinci dan secara menakjubkan seseorang membuat persoalan subjek, memberikan kepada penonton suatu pengalaman yang lebih mendalam atas perjalanan hidup mereka yang mungkin hanya berlalu dengan cara biasa.

Dengan fotografi jalanan ini kita dapat melihat kenyataan dari sisi pandangan jalanan dengan media foto. Dan biasanya fotografi jalanan ini disenangi orang yang suka berkegiatan di luar ruangan. (Rivanka Haekal R/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: