METRUM
Jelajah Komunitas

Tour de France 2024: Kejutan Vauquelin Rebut Etape II, Kaus Kuning Direbut Pogacar

BOLOGNA, ITALIA (METRUM) – Atlet muda rookie Kevin Vauquelin (23) dari tim Arkea B & B Hotels meneruskan trend kemenangan Prancis solo break memenangi etape II Tour de France (TdF) 2024 rute perbukian + tanjakan pendek berat finis di Bologna, Italia Minggu (30/6/2024) menyelesaikan jarak 199 km dari Cesenatico. Sebelumnya pada etape I, Romain Bardet (Arkea) atlet Prancis juga berjaya sekaligus merebut kaus kuning.

Sementara di belakangnya terjadi persaingan seru untuk pimpinan klasemen meski baru dua etape, grup atlet papan atas saling libas, duel dua atlet juara TdF (2020, 2021) Tadej Pogacar (UAE Emirates/Slovenia) vs Jonas Vingegaard (Visma Lease a Bike/Denmark) juara TdF 2022, 2023. Keduanya melesat di tanjakan terakhir San Luis meninggalkan unggulan lainnya unggul hingga 45 detik meski akhirnya setelah jalan menurun, finis bersamaan dengan dua atlet tekemuka lainnya, Remco Evenepoel (Soudal Quick Step/Belgia) dan Richard Carapaz (EF Education/Ekuador).

Di akhir etape II ini kaus kuning berpindah tangan dari Romain Bardet (DSM/Prancis) karena teringgal direbut Tadej Pogacar (UAE Emirates), mengungguli Remco Evenepoel (Soudal Quick Step) di urutan kedua dan ketiga Jonas Vingegaard (Visma), ketiganya dengan total waktu sama 9 jam 53 menit 30 detik.

Sementara salah satu unggulan terkemuka, Primoz Roglic (Red Bull Bora Hansgrohe/Sloevia) serta dua atlet tangguh lainnya Tecececer di tanjakan terakhir Cote de San Luca, tertinggal 20 detik,

Pada finis etape II ini, Vauquelin finis sendirian dengan waktu 4 jam 43 menit 42 detik mengungguli Jonas Abrahamsen (Uno X/ Nowegia) kedua + 36 detik dan ketiga Quentin Pacher (Groupama FDJ/Prancis) + 49 detik, sedangkan empat unggulan tertinggal 2 menit 21 detik, yaitu Richard Carapaz (EF Education) finis ke-10, Tadej Pogacar (UAE Emirates) ke- 14, Jonas Vingegaard (Visma) ke-13 dan Remco Evenepoel (Soudal) ke-12. Sementara pemegang kaus kuning Romain Bardet (DSM) finis ke-22 (+ 2 menit 42 detik) sehingga klasemennya melorot ke urutan ke-5.

“Di lap kedua (terakhir) sirkuit kota Bologna, saya  pada kondisi sangat baik setelah di lap pertama pacing (kecepatan) oleh tim Visma sudah tinggi melalui tanjakan San Luca, jadi melalui tanjakan ini lagi di lap terakhir saya ingin mencoba kemampuan dibanding lawan utama lainnya,” ujar Pogacar.

“Jonas sangat cepat reaksinya, langsung menempel ketat saya bukti kondisinya setelah cedera sudah fit kembali, kami berdua terus melaju di jalan menurun ke finis, dimana Evenepoel dan Carapaz menyusul, kami berempat finis bersamaan,” jelasnya.

“Sudah menguasai kaus kuning di etape II saya senang namun harus kerja keras karena semua pesaing utama lainnya juga tangguh, etape  IV tanjakan berat di pegunungan Alpen, gunung Col du Galibier akan jadi ujian pada Selasa (2/7/2024). Kemampuan sebenarnya saya, Jonas, Roglic, Evenepoel dan unggulan lainnya Rodriguez dan Jorgensen,“ ungkap Pogacar.

Melewati Sirkuit F1 Imola

Pada etape II ini setelah start di Cesenatico peserta melewati, masuk ke lintasan sirkuit Imola yang terkenal kemudian melanjutkan lomba menuju finis di Bologna.

Animo penonton di etape ini sama seperti etape I mencapai ratusan ribu memadati hampir sepanjang rute yang dilalui khususnya di lokasi lokasi ikonik bahkan disebut lebih banyak dibandingkan penonton sewaktu Giro d’Italia 2024 Mei lalu.

Cuaca cerah namun panas hampir sepanjang rute 199 km menyebabkan rombongan besar 175 peserta harus konsentrasi penuh agar tidak  terpecah. Namun “break away” sudah terjadi sejak awal lomba, sebanyak 10 atlet melepaskan diri dan unggul hingga hampi 10 menit.

Kecelakaan tabrakan antar pembalap juga terjadi di antaranya yang jatuh dan cederam robek celana balapnya adalah salah satu andalan tim Visma, Wout Van Aert rangking ketiga klasemen sehingga tetinggal jauh dari grup unggulan hingga 11 menit, finis urutan ke-.

Klasemen Setelah Etape II :

  1. Tadej Pogacar (UAE Emirates/Slovenia) 9 jam 53 menit 30 detik
  2. Remco Evenepoel (Soudal Quick Step/Belgia)          sama
  3. Jonas Vingegaard (Visma Lease a Bike/Denmark) sama
  4. Richard Carapaz (EF Education/Ekuador)                sama
  5. Romain Bardet (DSM Firmenich/Prancis) + 6 detik

Hingga etape II, jumlah peserta atlet yang finis 175 dari 22 tim, belum ada tambahan yang gugur, hanya satu yang gugur di etape I.

Etape III Senin (1/7/2024) menempuh jarak 199 km dari Velje ke Sondeborg rute datar di Denmark ini akan kembali menjadi porsi para sprinter untuk perebutan kaus hijau yang kini dikuasai Wout Van Aert yang juga menguasai kaus kuning. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.