METRUM
Jelajah Komunitas

Vuelta a Espana: Roglic Menyerang, Evenepoel Tercecer!

SIERRA DE LA PANDERA, SPANYOL (METRUM) – Juara bertahan 3 kali Vuelta, Primoz Roglic (32) tim Jumbo Visma, Slovania secara mengejutkan bangkit di etape XIV Vuelta 2022 melakukan “penyerangan” di rute tanjakan keterjalan (15%) 3,9 km menuju finis dan pemegang kaus merah Remco Evenepoel (22) tim Quick Step untuk pertama kalinya menunjukan dia tidak selamanya kokoh.

Atlet asal Belgia ini tak bisa mengimbangi askelerasi Roglic yang terus melaju mengejar beberapa atlet yang sudah break away sejak awal start, di antaranya pemegang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 Richard Carapaz (Ineos/Ekuador) yang sebelumnya telah memenangi etape XII.

Roglic tampak semakin meningkat meningkat kondisinya pada dua etape terakhir dan tekadnya untuk bangkit dibuktikan dengan break away yang solid setelah sebelumnya dua rekan setimnya diawali Robert Gesink kemudian Chris Harper bekerja keras memacu dengan pacing tinggi sejauh 10 km yang sudah tentu menguras tenaga Evenepoel. Terbukti askelerasi Roglic meneruskan kerja keras Gesink dan Harper berhasil.

Richard Carapaz akhirnya tak terkejar oleh Roglic, merebut etape XIV, Minggu (4/9/2022) WIB finis sendirian menyelesaikan rute tanjakan etape XIV Montora – Sierra de la Pandera (1.815 m) sejauh 160 km dengan waktu 4 jam 9 menit 27 detik, disusul 8 detik kemudian oleh Miguel Angel Lopez (Astana/Kolombia) dan Primoz Roglic (Jumbo Visma) di urutan kedua dan ketiga.

Sedangkan pimpinan klasemen Evenepoel mencapai finis urutan kedelapan + tertinggal 56 detik, namun masih menguasai kaus merah dengan keunggulan yang menipis atas runner up Primoz Roglic + 1 menit 49 detik dan ketiga Enric Mas (Movistar/Spanyol) +2 menit 43 detik.

“Hari ini kondisi saya agak menurun, kaki saya tidak bisa mengimbangi askelerasi Roglic. Tapi saya masih memimpin klasemen, tidak ada yang harus dikhawatirkan,” tutur Evenepoel.

Primoz Roglic (Jumbo Visma/Slovania) berhasil “break away” meninggalkan pemegang kaus merah Remco Evenepoel (Quick Step/Belgia) di etape XIV Vuelta (Montoro – Sierra de la Pandera 160 km), Minggu (4/9/2022) WIB. (Foto: AFP).*

“Saya harap ini menjadi hari terburuk saya, dan kembali pulih di etape-etape selanjutnya,” ujarnya.

Sementara Roglic mengungkapkan kondisinya semakin membaik pada dua hari terakhir sehingga ingin mencoba kemampuanya di etape XIV. “Tentu ini memberi percaya diri yang meningkat, hari ini saya unggul setelah di etape sebelumnya tertinggal. Vuelta masih 7 etape lagi, Evenepoel adalah lawan muda yang tangguh dan dia pasti akan bangkit lagi, kami harus waspada,” ungkap Roglic.

Senin (5/9/2022) dinihari WIB etape XV merupakan tanjakan yang lebih berat lagi, Martos – Sierra Nevada 152 km, finis di tanjakan kategori Hors ketinggian 2.501 m. Ujuan berat bagi Evenepoel menghadapi serangan para pesaingnya. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: