METRUM
Jelajah Komunitas

Alasan Mobil Harus Sering Dipanaskan

AGAR tetap awet, mobil harus sering dipanaskan. Benarkah demikian Nonoman Metrum?

Menurut Shofwatuzzaki selaku Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia hal tersebut dilakukan agar menghindari korosi atau karat pada mesin mobil. “Kalau mobil sudah lama atau jarang digunakan, kemungkinan besar akan mesinnya terkontaminasi oleh air yang menyebabkan bagian tersebut mengalami karat. Jadi, harus dipanaskan,” ujarnya.

Untuk jangka waktu ideal untuk mulai memanaskan kendaraan roda empat kesayangan yang jarang digunakan untuk mengaspal, Shofwatuzzaki mengusulkan untuk memanaskannya paling tidak satu minggu sekali. “Yah minimal seminggu sekali dipanaskan meskipun tidak digunakan untuk kemana-mana,” paparnya.

“Kalau mobil sudah lama tidak digunakan, mesin akan menjadi dingin sehingga mengakibatkan kondensasi, uap air merambah masuk kesana. Oli nya juga pasti ada di bawah terus sehingga mesin akan mengalami korosi atau karatan,” ungkap Shofwatuzzaki.

Dengan kembali memanaskan mobil, bertahap air yang belum menyentuh dengan oli akan menguap. “Oli itu kan apabila dipanaskan akan menguap sehingga risiko terkontaminasi akan uap air bakalan berkurang,” kata Shofwatuzzaki.

Lalu bagaimana nasib mobil yang sudah tidak pernah dipanaskan selama 3 bulan? “Ganti saja oli nya langsung. Kalau kita ganti oli kan dari atas lalu ke bawah, nah ini akan menyegarkan seluruh bagian mesin mobil. Setelah itu baru dipanaskan,” tutup Shofwatuzzaki. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: